Selasa, 28 Desember 2010

Kekuatan Sedekah

Selama ini mungkin kita menduga sedekah haruslah berupa harta benda. Sesungguhnya, tidak demikian. Rasulullah saw bersabda, " Setiap kebaikan itu bernilai sedekah. Di antara hal yang termasuk kebaikan adalah engkau menemui saudaramu dengan wajah berseri dan engkau tuangkan embermu ke bejana saudaramu.” ( HR Ahmad dan Tirmidzi ).

Sedekah tidak terbatas pada harta benda. Memberikan senyum, bersikap ramah, atau memperlakukan orang lain sebaik mungkin juga termasuk aktivitas sedekah. Di sinilah Rasulullah saw mengajarkan pentingnya nilai – nilai silaturahim dan menjalin hubungan dengan orang lain. Mungkin, kalau setiap muslim memahami hadits tersebut, insya Allah tidak akan ada permusuhan atau perang saudara. Sebaliknya yang ada adalah saling menolong, saling menasihati untuk kebaikan, dan saling menyayangi.

Rasulullah saw sebagai teladan umat sepanjang zaman, sudah memberikan contoh sejak dahulu. Beliau telah menunjukkan kepada kita bagaimana mendahulukan kepentingan saudara kita daripada kepentingan diri sendiri. Oleh karena itu, tak henti-hentinya Rasulullah saw memerintahkan para sahabat dan umatnya, termasuk kita, untuk gemar bersedekah sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Lalu, adakah keajaiban dibalik sedekah yang belum kita ketahui? Berikut ini adalah beberapa keajaiban sedekah yang semoga memotivasi kita untuk terus bersedekah.
> Mendapatkan Kesembuhan
> Mempermudah Datangnya Rezeki dan Jodoh
> Menghapuskan Kesalahan
> Menolak Bencana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar