Kamis, 30 Desember 2010

Keajaiban Air

Terdapat sebuah hadits yang menerangkan tata cara pengobatan sakit demam. Dari Abu Nu'am yang meriwayatkan hadits Anas dan mamarfu'kannya, "Jika salah seorang dari kalian demam, hendaklah ia menyiram tubuhnya dengan air dingin selama tiga hari pada waktu menjelang subuh".
Saya merasa takjub saat membaca hadits tersebut, karena ternyata,air mampu memberikan khasiat menyembuhkan demam. Rasulullah saw telah mempraktikannya sejak dahulu. Hikmah pengobatan dari air ini yang semakin meyakinkan kita untuk mulai membiasakan berwudhu.
Jika kita mau menelaah lebih dalam lagi, ternyata air mempunyai banyak keajaiban. Air biasa mampu menjelma menjadi gas atau uap serta bisa menjadi sebongkah benda padat. Air memiliki andil dalam proses pencernaan, revitalitas darah, dan membersihkan zat-zat racun ditubuh, baik racun organik maupun racun anorganik.
Selain itu, ternyata janin pun mengandung 97% air, bayi yang baru lahir mengandung 80% air pada tahun pertama, manusia dewasa mengandung 66% air, sel-sel otak mengandung 97%, darah mengandung 82% air, dan paru-paru mengandung 90% air. Bahkan, bumi tempat kita berpijak ini memiliki perairan lebih luas dibandingkan dengan daratan.
Allah SWT pun menegaskan dalam firman-Nya, "Dan kami jadikan segala sesuatu yang hidup dari air". (QS Al- Anbiya[21]:30)
Demikianlah, beberapa khasiat air yang sudah kita pahami. Maha benar Allah yang telah memerintahkan kita untuk berwudhu dengan air, karena selain materinya mudah didapat, air juga mendomonasi hampir seluruh kehidupan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar