Jumat, 31 Desember 2010

Read-Only Memori ( ROM )

ROM Adalah Istilah Bahasa Inggris untuk medium penyimpanan dapa pada komputer. ROM adalah singkatan dari Read-Only Memori ( ROM . ROM ini adalah salah satu memori yang ada dalam komputer. ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang di simpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.

Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca dari data ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena sifat ini , ROM biasa di gunakan untuk menyimpan firmware ( piranti lunak yang berhubungan erat dengan piranti keras ).

Wireless Buat Para Geocacher

Garmin baru saja mengumumkan piranti terbaru penanda lokasi yang unik yang khusus di rancang untuk mereka yang mencintai petualangan luar Geocacher, alias pencita alam bebas. Besar, Garmin Chirp tidak hanya terjangkau, tetapi tahan lama dan tahan air.
Garmin Chirp dapat berkomunikasi dengan hampir semua nirkabel yang kompatibel-enabled Garmin. Dengan Garmin Chirp, Geocachers memiliki alat baru untuk meningkatkan intensitas berkomunikasi dan menemukan cache di seluruh dunia.
Anda dapat menggunakan perangkat yang kompatibel Garmin genggam seperti Oregon, Dakota dan GPSMAP untuk secara otomatis mengirimkan program koordinat sehingga cachers lain dapat menemukan jejak anda, alias komunikasi multicache.

Earphones Premium

Mungkin ini adalah Earphone paling mahal yang pernah tercipta di dunia. Dengan harga $ US 450. Bukan karena lapis emas atau berlian, akan tetapi pada kehandalannya. Kualitas output suara merupakan nomor 1 di pasar.
Earphone ini mampu mengisolasi suara di luar secara sempurna, sehingga anda benar-benar hanya menikmati dentuman lagu secara penuh. Shures juga dilengkapi denga switch control untuk membalikkan isolasi suara, untuk mendengar konndisi dari luar. Memang agak berbahaya untuk anda yang berkendara, akan tetapi, Shure menjadi gadget yang cocok bagi anda yang ingin menikmati musik dengan cara asik.

USB Desktop Aquarium and Organizer

Apakah anda pernah melihat aquarium dengan menggunakan USB sebagai sumber tenaga, kalaupun sedah pernah ada, ikan yang ada didalamnya hanya berupa hiasan atau ikan palsu. USB Desktop Aquarium and Organizer ini bisa menampung ikan asli dan untuk menambah kesan meraih perangkat inin juga digunakan sebagai Organizer dan dapat memberikan sentuhan cahaya lembut dimeja anda.
Sealin aquarium perangkat ini juga dilengkapi dengan layar LCD yang menampilkan kalender, jam, alarm, dan juga built in suara alam untuk mengilangkan stress. Lampu interior pada aquarium juga beragam warnanya. Tertarik untuk memiliki gadget multifungsi ini. Anda harus siapkan uang kurang lebih $ 40 untuk memilikinya.

DULSE

Dulse (Palmaria palmata) Adalah Rumput laut merah yang tumbuh melekat pada batuan dengan "pegangan erat" di Atlantik Utara dan Pacific Northwest. Hal ini biasanya digunakan di Irlandia dan Kanada Atlantik baik sebagai makanan dan medicinally dan sekarang dikirim di seluruh dunia.

Dulse tumbuh dari bagian pasang tengah dari zona intertidal (daerah antara pasang tinggi dan pasang rendah) dan ke dalam air yang dalam. Daun dapat bervariasi dari naik menjadi kemerahan-ungu, dan berkisar dari sekitar 20 sampai 40 cm (8 "sampai 16"). Dari Juni sampai September, diambil dengan tangan di air rendah, dibawa ke ladang pengeringan (atau alasan penyebaran) dan menaruh melalui shaker untuk menghapus potongan kerang, dll daun tersebar tipis pada jaring dan dibiarkan kering, berbalik sekali dan digulung menjadi bentuk bal besar untuk dikemas atau ditumbuk kemudian.

Khasiat Dulse :
Mencegah tekanan darah tinggi, kencing manis, penyakit syaraf dan kanker usus besar. Disamping itu Dulse juga memelihara kesehatan gigi serta keindahan rambut dan kulit.

Winamp Hadir di Android

Windows Media Player dan Real Player merupakan salah satu sofware yang terkenal di PC dan juga sudah mulai merambah pada perangkat HP pintar. Langkah tersebut kini juga di ikuti oleh Winamp yang juga memiliki nama besar di perangkat PC dan Notebook yang sering digunakan untuk pemutar musik. Nullsoft sebagai perusahaan yang berjasa atas munculnya Winamp mengumumkan akan hadir di genggaman pada HP pintar dengan OS Android.
Walaupun sampai saat ini versi yang akan hadir pada OS Android masih Beta (0.9.1), tapi tetap dapat berjalan dengan lancar pada motorola DROID X (Froyo). Musik yang di putar melalui aplikasi Winamp cukup terdengar dengan baik. Aplikasi ini juga menampilkan album art dan juga pengontrolan musik player yang lebih beragam.

Khasiat Rose Hip

Pada umumnya terdapat vitamin C didalam Rose Hips, tetapi juga merupakansalah satu tumbuhan yang kaya akan flavonoids, yang berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh akan vitamin, juga dapat mencegah resiko terjadinya infeksi pada ginjal, mengurangi gejala pusing-pusing serta sangat berguna untuk mencegah terjadinya masuk angin, lemas lemas, sukar buang air besar, infeksi dan masalah yang terjadi dikantong kemih.

Kamis, 30 Desember 2010

Khasiat Orange, Lemon dan Lime

Orange (Jeruk)
Dapat memperkuat hati , kaya akan vitamin P yang dapat mencegah pertumbuhan penyakit kanker, asma, dan bronkitis. Selain itu, jeruk juga dapat meningkatkan antibody tubuh kita.

Lemon
Kaya akan sumber vitamin C yang berguna membantu membersihkan pencernaan dalam tubuh serta menghilangkan pembuangan dalam hati. Di dalam jus lemon mempunyai antibakteri yang sangat kuat. Vitamin P yang terdapat dalam lemon sangat berguna sekali untuk tubuh kita untuk memperlancar peredaran darah serta mencegah terjadinya pendarahan.

Lime (Limau)
Sumber yang sangat bagus akan vitamin C, Critic acid yang bebas, kalsium dan phosphorus. Limau mengandung senyawa flavonoids unik yang mempunyai anti oksidasi serta anti kanker. Jus limau kaya akan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan ketahanan pada tubuh, mengurangi racun dalam tubuh serta menghambat terjadi gejala akan segala penyakit.

Khasiat Seledri

Serat Seledri membantu menurunkan berat badan, mencegah dan menyambuhkan kanker usus besar bila digunakan secara terus menerus. Seledri juga dapat mencegah penyakit jantung, stroke dan mengembangkan otot pembuluh darah untuk menururnkan tekanan darah.

Keajaiban Air

Terdapat sebuah hadits yang menerangkan tata cara pengobatan sakit demam. Dari Abu Nu'am yang meriwayatkan hadits Anas dan mamarfu'kannya, "Jika salah seorang dari kalian demam, hendaklah ia menyiram tubuhnya dengan air dingin selama tiga hari pada waktu menjelang subuh".
Saya merasa takjub saat membaca hadits tersebut, karena ternyata,air mampu memberikan khasiat menyembuhkan demam. Rasulullah saw telah mempraktikannya sejak dahulu. Hikmah pengobatan dari air ini yang semakin meyakinkan kita untuk mulai membiasakan berwudhu.
Jika kita mau menelaah lebih dalam lagi, ternyata air mempunyai banyak keajaiban. Air biasa mampu menjelma menjadi gas atau uap serta bisa menjadi sebongkah benda padat. Air memiliki andil dalam proses pencernaan, revitalitas darah, dan membersihkan zat-zat racun ditubuh, baik racun organik maupun racun anorganik.
Selain itu, ternyata janin pun mengandung 97% air, bayi yang baru lahir mengandung 80% air pada tahun pertama, manusia dewasa mengandung 66% air, sel-sel otak mengandung 97%, darah mengandung 82% air, dan paru-paru mengandung 90% air. Bahkan, bumi tempat kita berpijak ini memiliki perairan lebih luas dibandingkan dengan daratan.
Allah SWT pun menegaskan dalam firman-Nya, "Dan kami jadikan segala sesuatu yang hidup dari air". (QS Al- Anbiya[21]:30)
Demikianlah, beberapa khasiat air yang sudah kita pahami. Maha benar Allah yang telah memerintahkan kita untuk berwudhu dengan air, karena selain materinya mudah didapat, air juga mendomonasi hampir seluruh kehidupan kita.

Koperasi Darussalam

Koperasi Darussalam

I. PENDAHULUAN
Sejarah singkat gerakan koperasi bermula pada abad ke-20 yang pada umumnya merupakan hasil dari usaha yang tidak sepontan dan tidak dilakukan oleh orang-orang yang sangat kaya. Meraka mempersatukan diri untuk memperkaya dirinya sendiri, seraya ikut mengembangkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. Koperasi tumbuh dari kalangan rakyat, ketika penderitaan dalam lapangan ekonomi dan sosial yang di timbulkan oleh sistem kapitalisme demikian memuncaknya. Beberapa orang yang penghidupannya sederhana dengan kemampuan ekonomi terbatas, terdorong oleh penderitaan dan beban ekonomi yang sama, secara sepontan mempersatukan diri untuk menolong dirinya sendiri dan manusia sesamanya.
Pada tahun 1896 seorang Pamong Praja Patih R.Aria Wiria Atmaja di Purwokerto mendirikan sebuah Bank untuk para pegawai negri (priyayi). Ia terdorong oleh keinginanmya untuk menolong para pegawai yang makin menderita. Maksud Patih tersebut untuk mendirikan koperasi kredit model seperti di Jerman. Ia dibantu oleh seorang asisten Residen Belanda (Pamong Praja Belanda) Assisten-Residen itu sewaktu cuti berhasil mengunjungi Jerman dan menganjurkan akan mengubah Bank Pertolongan Tabungan yang sudah ada menjadi Bak Pertolongan, Tabungan dan Pertanian. Selain pegawai negeri juga para petani perlu dibantu karena mereka makin menderita karena tekana para pengijon (pelepan uang). Ia juga menganjurkan merubah Bank tersebut menjadi koperasi. Di samping itu ia pun mendirikan lumbung-lumbung desa yang menganjurkan para petani menyimpan pada pada musim panen dan memberikan pertolongan pinjaman padi pada musim paceklik. Ia pun berusaha menjadikan lumbung-lumbung itu menjadi Koperasi Kredit Padi. Tetapi Pemerintah Belanda pada waktu itu berpendirian lain. Bank Pertolongan, Tabungan dan Pertanian dan Lumbung Desa tidak dijadikan Koperasi tetapi Pemerintah Belanda membentuk lumbung-lumbung desa baru, bank –bank Desa , rumah gadai dan Centrale Kas yang kemudian menjadi Bank Rakyak Indonesia (BRI). Semua itu adalah badan usaha Pemerntah dan dipimpin oleh orang-orang Pemerintah.
Pada zaman Belanda pembentuk koperasai belum dapat terlaksana, karena: 1. Belum ada instansi pemerintah ataupun badan non pemerintah yang memberikan penerangan dan penyuluhan tentang koperasi. 2. Belum ada Undang-Undang yang mengatur kehidupan kopeasi 3. Pemerintah jajahan sendiri masih ragu-ragu menganjurkan koperasi karena pertimbangan politik, khawatir koperasi itu akan digunakan oleh kaum politik untuk tujuan yang membahayakan pemerintah jajahan itu.
Koperasi menjamur kembali, tetapi pada tahun 1933 keluar UU yang mirip UU no. 431 sehingga mematikan usaha koperasi untuk yang kedua kalinya. Pada tahun 1942 Jepang menduduki Indonesia. Jepang lalu mendirikan koperasi kumiyai. Awalnya koperasi ini berjalan mulus. Namun fungsinya berubah drastis dan menjadi alat jepang untuk mengeruk keuntungan, dan menyengsarakan rakyat.
Setelah Indonesia merdeka, pada tanggal 12 Juli 1947, pergerakan koperasi di Indonesia mengadakan Kongres Koperasi yang pertama di Tasikmalaya. Hari ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia.
Lambang gerakan koperasi Indonesia memiliki arti sebagai berikut :

1. Rantai melambangkan persatuan dan persahabatan yang kokoh.
2. Roda bergigi menggambarkan upaya keras yang ditempuh seca.ra terus menerus.
3. Kapas dan padi berarti menggambarkan kemakmuran rakyat yang diusahakan oleh koperasi.
4. Timbangan berarti keadilan sosial sebagai salah satu dasar .
5. Bintang dalam perisai artinya Pancasila, merupakan landasan ideal koperasi.
6. Pohon beringin menggambarkan sifat kemasyarakatan dan kepribadian Indonesia yang kokoh berakar.
7. Koperasi Indonesia menandakan lambang kepribadian koperasi rakyat Indonesia.
8. Warna merah dan putih menggambarkan sifat nasional Indonesia.
Koperasi adalah jenis badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum.Koperasi melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi menurut UUD 1945 pasal 33 ayat 1 merupakan usaha kekeluargaan dengan tujuan mensejahterakan anggotanya.
Begitu juga dengan koperasi Darussalam, koperasi ini dikendalikan secara bersama oleh seluruh anggotanya, di mana setiap anggota memiliki hak suara yang sama dalam setiap keputusan yang diambil koperasi. Pembagian keuntungan koperasi (biasa disebut Sisa Hasil Usaha atau SHU biasanya dihitung berdasarkan andil anggota tersebut dalam koperasi, misalnya dengan melakukan pembagian dividen berdasarkan besar pembelian atau penjualan yang dilakukan oleh anggota.
II. ISI
Koperasi Darussalam terletak di Cipayung Jakarta Timur. Awalnya koperasi Darussalam tidak mempunyai nama, orang-orang sekitar hanya menyebutnya dengan “Koperasi” tanpa nama, karena letak koperasi tersebut di dekat Masjid Darussalam maka kemudian dinamakan Koperasi Darussalam. Menurut Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa fungsi dan peran koperasi sebagai berikut:
• Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.
• Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.
• Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko-gurunya.
• Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional, yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.
• Mengembangkan kreativitas dan membangun jiwa berorganisasi bagi para pelajar bangsa.
Begitu juga dengan Koperasi Darussalam, di Koperasi ini banyak dijual aneka sembako, sepert: minyak goreng, gula, beras, teh, kopi dan lain-lain. Selain itu juga ada peralatan seperti handuk untuk mandi, pasta gigi, sabun mandi dan lain-lain. Sampai makanan dan minuman ringan, dengan harga yang murah dan terjangkau oleh ibu-ibu rumah tangga. Ibu-ibu rumah tangga yang letak rumahnya berada disekitar koperasi sangat terbantu dengan adanya koperasi tersebut, tidak perlu pergi jauh-jauh untuk membeli keperluan sehari-hari jika persediaan dirumah telah habis.
Di Koperasi Darussalam terdapat pula kegiatan seperti simpan pinjam. Pengertian Koperasi Simpan Pinjam adalah koperasi yang bergerak di bidang simpanan dan pinjaman. Masyarakat boleh meminjam atau menyimpan uangnya di koperasi dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh koperasi tersebut.
III. PENUTUP
Koperasi merupakan jenis badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum.Koperasi melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi menurut UUD 1945 pasal 33 ayat 1 merupakan usaha kekeluargaan dengan tujuan mensejahterakan anggotanya.
Dengan keberadaan Koperasi sangat membantu masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, dikarenakan barang-barang yang dijual dikopersai merupakan barang-barang yang memang diperlukan oleh masyarakat. Dan dengan adanya koperasi simpan pinjam membantu masyarakat apabila masyarakat tidak memiliki uang dengan cara meminjam di koperasi dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh kopresi tersebut.

Wajah Bercahaya

Seorang teman pernah bertutur. Katanya, "Mengapa orang-orang muda yang sering shalat di sini wajahnya berbeda, bercahaya?" Terus terang agak sulit menjawab pertanyaan tersebut, karena sulit juga membedakan mana yang memancarkan cahaya dan mana yang tidak. Banyak ustadz menyatakan bahwa memang terlihat berbeda antara orang yang sering berwudhu dengan orang yang jarang berwudhu, dari wajahnya terpancar aura yang berbeda. Aura inilah yang belakangan saya ketahui seperti sebuah energi yang dimiliki seseorang.
Wajah mereka yang sering berwudhu terlihat bersih dan segar, meskipun warna kulitnya gelap. Ketika bertatap wajah dengan mereka, senyum selalu mengembang dari bibir mereka. Sebaliknya, orang yang tidak pernah atau jarang berwudhu, mungkin disebabkan malas shalat, wajah mereka terlihat redup. Jika sedang memiliki masalah, wajah mereka terlihat selalu murung. Seolah-olah, beban hidup manekan mereka.
Rasulullah saw mengatakan bahwa pada hari kiamat nanti, beliau akan mengenali umatnya dari bekas wudhu di wajahnya, sehingga sangat mudah untuk di kenali. Jika di akhirat saja wajah orang-orang berwudhu putih cemerlang maka tentu di dunia pun wajah mereka bersinar. ALLAH SWT akan menganugerahi kebahagiaan dan ketenangan pada wajah-wajah yang sering berwudhu.

Waktu dan Tempat – Tempat Berdoa yang Makbul (Mustajab)

Ada Waktu – Waktu yang Makbul (Mustajab) Untuk Berdoa Diantaranya adalah :
1. Saat Adzan hingga Iqamah
2. Ketika Sujud
3. Sesaat Setelah Selesai Melakukan Shalat Fardlu
4. Pada Sepertiga Malam Terakhir Setiap Malam
5. Pada Pagi Hari jum’at Sebelum Shalat Subuh
6. Ketika Khatib Duduk antara Dua Khutbah Shalat Jum’at Sampai Shalat Selesai
7. Pada Akhir Hari Jum’at Menjelang Maghrib
8. Ketika Berbuka Puasa
9. Ketika Bulan Ramadhan
10. Saat Lailatul Qadar
11. Pada 10 Hari Pertama Bula Dzulhijjah
12. Pada Hari Arafah
13. Ketika dalam Perjalanan
14. Ketika Turun Hujan
15. Ketika Perang Berkecamuk

Adapula Tempat – Tempat Berdoa Yang Makbul Diantaranya adalah :
1. Di Masjidil Haram
2. Di Masjid Nabawi
3. Di Masjidil Aqsha
4. Di ’Arafah
5. Di Medan Perang

Khasiat Buah Cranberry

Merupakan Sumber yang baik akan vitamin C dan fiber. Tinggi akan anti oksidasi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C yang ada di dalam buah Cranberry berguna untuk mencegah resiko terjadinya infeksi pada saluran kencing, menghilangkan racun yang berasal dari peredaran darah serta membantu mengurangi pelekatan bakteri pada gigi, sangat bagus mengobati bisul, mencegah resiko terjadinya penyakit jantung , dan menghambat pertumbuhan sel kanker serta mengurangi kerusakan pada sel-sel pada otak yang berhubungan dengan stroke.

Khasiat Buah Apel

Banyak vitamin yang ditemukan di dalam buah Apel terutama yaitu Vitamin C. Sumber yang sangat baik akan fiber, yang berguna untuk menurunkan kolesterol. Apel juga mengandung mineral-mineral yang sangat berguna bagi tubuh kita, seperti Potassium, yang diperlukan untuk mengatur keseimbangan air serta mengatur fungsi otot dalam tubuh kita. Di dalam Apel juga terdapat flavonoids, anti oksidasi yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah resiko gejala penyakit jantung dan kanker.

Khasiat SPIRULINA

SPIRULINA merupaka sejenis tumbuh-tumbuhan laut mikroskopik yang kaya akan gizi. Spirulina merupakan sejenis makanan paling lengkap yang memberikan protein,vitamin, klorofil, betakarotin, mineral dan lain sebagainya. Spirulina juga dapat menambah tenaga, menyeimbangkan, hormon tubuh, menetralisir tingkat PH tubuh serta menghindari berbagai jenis penyakit.

Sumber dari Segala Penyakit

Kita semua pernah merasakan jatuh sakit. Menurut filsafat penyembuhan organik, dipercayai bahwa kesehatan kita dilawan oleh toksin-toksin. Hal ini seringkali terjadi sebagai akibat dari menumpuknya toksin-toksin di dalam tubuh kita. Toksin dapat berasal dari udara di sekitar kita serta makanan yang kita makan yang mungkin berasal dari sumber-sumber yang telah terkena pencemaran udara.
Makanan-makanan tersebut seringkali mengandung bahan pengawet, pewarna, tiruan, perasa tiruan, anti-depresan dan lain sebagainya. Hewan ternak dan tumbuhan-tumbuhan rentan terhadap penggunaan pupuk yang mengandung bahan kimia serta racun serangga.
Ketika manusia memakan makanan dengan bahan-bahan tambahan tersebut atau bernafas dalam unsur-unsur tersebut, secara bertahap toksin-toksin akan menumpuk pada sistim tubuh Anda dan dalam waktu singkat akan menyerang sel-sel tubuh dan sistim kekebalan.
Dalam waktu yang tidak terlalu lama, racun-racun akan dapat menemukan jalan masuk kedalam saluran darah, menyerang sistim pencernaan (perut, isi perut, usus besar) sistem penyaringan(hati dan ginjal) dan sistim endokrin(kelenjar pititari, kelenjar adrenal, kelenjar gondok), melemahkan badan Anda dan menyebabkan Anda sakit.
Seperti contohnya; ketika seseorang mengalami susah buang air besar, sisa-sisa pembuangan yang tetap berada di tubuh Anda akan berpengaruh pada fungsi-fungsi sistim pencernaan, membahayakan kesehatan dan dapat menyebabkan sakit yang serius dalam jangka panjang.

Sejarah Dan Perkembangan Kacang Kedelai

Orang Cina merupakan pengguna kacang kedelai sebagai makanan yang pertama. Pada sekitar tahun 1100 BC, kacang kedelai telah ditanam di bagian selatan tengah Cina dan dalam waktu singkat menjadi makanan pokok diet.
Kacang kedelai telah diperkenalkan di jepang sekitar tahun 100 AD dan meluas ke seluruh negara-negara Asia secara pesat. Kacang kedelai dikenal di Eropa sekitar tahun 1500 AD. Pada awal abad ke-18, kacang kedelai telah ditanam secara komersial di Amerika Serikat.
Pada tahun 1970, tahu menjadi terkenal sebagai makanan alternatif dari daging yang ”ramah lingkungan”. Orang-orang yang memperhatikan tentang kelaparan di seluruh dunia serta pemeliharaan sumber-sumber dalam menanggap tahu sebagai pilihan makanan yang lebih murah dan sumber protein yang lebih efisien dibandingkan produk hewani.
Saat ini, banyak orang telah beralih ke tahu dan produk yang berkaitan dengan tahu (termasuk minuman kacang kedelai) bukan untuk melindungi lingkungan, tetapi untuk kesahatan diri sendiri. Produk yang berkaitan dengan kacang kedelai merupakan makanan tambahan yang terjangkau.

Nilai Gizi dari Kacang Kedelai

Kacang kedelai tekenal dengan gizinya yang kaya. Merupakan ”protein lengkap” dan merupakan salah satu makanan yang mengandung 8 asam amino yang penting yang di perlukan oleh tubuh manusia.
Tidak seperti makanan lain yang mengandungi lemak jenuh dan tidak dapat dicerna yang terdapat pada sebagian besar makanan hewan, kacang kedelai tidak mengandung kolesterol, mempunyai rasio kalori yang rendah dibandingkan protein dan bertindak sebagai makanan yang tidak menggemukkan bagi penderita obesitas.
Kacang kedelai juga mengandung kalsium, besi, potasium, dan phosphorous. Kacang kedelai juga kaya akan vitamin B kompleks.
Merupakan salah satu yang mengandung protein tinggi, makanan berkalsium tinggi di pasaran, kacang kedelai juga unik karena bebas dari racun kimia. Sedangkan tisu lemak hewan diketahui mengandung 20 kali lipat baja berat, racun serangga dan racun tanaman dibandingkan yang terdapat pada tanaman kacang-kacangan.

Faktor – Faktor Yang Menyebabkan ”Perubahan Warna Kulit Yang Berlebihan”

Lapisan kulit yang paling dalam mengandung melamin. Melamin diproduksi sebagai hasil dari reaksi kulit terhadap rangsangan dari dalam maupun luar. Semakin lama, melamin akan merubah warna kulit menjadi lebih gelap. Jika metabolisme tubuh lambat akan dapat menyebabkan produksi melamin menjadi berlebihan, melamin yang berlebihan tersebut tidak dapat di hilangkan dengan dengan metabolisme sel biasa. Hal tersebut menyebabkan melamin menumpuk dalam kulit sehingga menghasilkan perubahan warna kulit yang berlabihan.
Penyebab Dari Dalam :
1. Tekanan mental
2. Letih lesu
3. Penyakit dalam
4. Gangguan fungsi kelenjar endokrin
5. Keturunan
6. Pengaruh dari konsumsi obat – obatan
7. Pigmentasi setelah penyakit kulit
8. Proses penuaan
9. Kurang tidur malam

Penyebab Dari Luar :
1. Penggunaan kosmetik dan parfum berkualitas rendah
2. Sinar UV ( Ultra Violet )
3. Perawatan kulit yang salah
4. Elektrostatik

Bahaya Makanan Terhadap Tubuh Kita

Menurut pakar patologi terkenal serta pemenang hadiah Nobel Mal Nikoff “Makanan tersumbat dalam sistem usus akan bertukar menjadi kotoran yang berbahaya, ini secara tidak langsung meracuni tubuh lalu mendatangkan penyakit dan memperpendek umur”.
Ini menerangkan diagnosis ‘Self induced poisoing’ dalam bidang kedokteran.

Hendry B. Beyler seorang Doktor Amerika telah membuat 4 (empat) kesimpulan dari pengalaman beliau dibidang kesehatan selama 55 tahun :
(1) Penyebab segala penyakit bukan dari bakteri, melainkan toksin yang berawal dari keracunan makanan. Toksin ini menyebabkan rusaknya sel tissu sehingga terjangkit bakteri.
(2) Dalam banyak masalah penggunaan obat untuk penyembuhan penyakit berbahaya, efek samping dari obat tersebut bisa membawa maut / kematian.
(3) Makanan Organik adalah plihan terbaik untuk merawat penyakit dan menguatkan tubuh
(4) Naturopati memadukan teori dan praktikal pemahaman pengobatan alami sakit karena toksin yang terkumpul secara terus menerus di dalam tubuh.

Multimedia Card ( MMC )

MMC adalah Media penyimpanan yang (mungkin) paling standar. Dikembangkan oleh Siemens dan SanDisk. Ukurannya kurang lebih sebesar perangko, tepatnya 24mm x 32mm x 1,5mm. MMc kurang lebih sama bentuknya dengan SD-card, hanya SD-card jumlah konektor pin-nya berbeda dengan MMC. MMC terkini bisa memuat data sebanyak 2 GB bahkan lebih dalam satu kepingnya. MMC ini adalah jenis kartu memori paling banyak digunakan oleh HP, PDA, Digicam, dan Gadget lannya.

MicroSD

MicroSD adalah Format untuk kartu memori flash yang dapat dilepas dari HP. SD adalah singkatan dari Secure Digital. Kartu biasa digunakan dalam HP, serta di beberapa perangkat GPS yang lebih baru genggam portable media player, pemutar audio digital, drive USB flash memori di perluas, Nintendo DS flashcards dan kamera digital.
Namun mereka tidak universal kompatibel. Banyak MicroSD kartu yang dijual toko online dan dikemas dengan adaptor SD standar untuk menggunakan kartu tersebut dalam perangkat yang mengambil standar SD tetapi tidak kartu microSD.
MicroSD tersedia dalam format 16MB dan 32MB. Kartu microSD yang saat ini tersedia dalam kapasitas dari 64MB sampai 2 GB, sedangkan kartu microSDHC saat ini tersedia dalam kapasitas 4 GB hingga 64 GB.

Rabu, 29 Desember 2010

Penyebab Terjadinya Autisme

Penyebab terjadinya belum diketahui secara pasti, hanya diperkirakan mungkin adanya kelainan dari sistem saraf (neurologi) dalam berbagai derajat beratnya ringan penyakit. Pendapat yang sudah menjadi konsensus bersama para ahli belakangan ini mengakui bahwa autisme diakibatkan terjadi kelainan fungsi luhur di daerah otak.

Imunisasi untuk menghindari penyakit pada Balita

Ada beberapa jenis penyakit menular yang dapat dicegah dengan cara imunisasi. Imunisasi adalah dengan sengaja memasukkan vaksin yang berisi mikroba hidup yang sudah dilemahkan pada balita. Imunisasi akan memberikan perlindungan seumur hidup pada balita terhadap serangan penyakit tertentu. Dengan memasukkan vaksin ke dalam tubuh balita, tubuh balita akan dipaksa memproduksi zat antibodi untuk melawan infeksi

Manfaat Buah Naga

Buah naga atau dragon fruit berasal dari negara-negara di benua Amerika, seperti Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Meksiko. Selain itu, buah naga juga terdapat di Tiongkok, Australia, Jepang dan Israel. Konon katanya manfaat buah naga sangat baik untuk kesehatan.

Di Asia, buah ini pertama kali dibawa ke Cina oleh orang Prancis. Karena warnanya yang merah, buah ini dianggap buah yang membawa berkah. Pohon buah ini mirip dengan pohon kaktus, namun durinya pendek dan tidak terlalu mencolok.

Buah naga memiliki banyak nama, misalnya di Vietnam dikenal dengan nama Thanh Long atau clever dragon, di Meksiko namanya Phitaya, sedangkan di Cina disebut Feuy Long Kwa. Di Indonesia sendiri buah naga juga dikenal dengan sebutan buah kaktus madu atau kaktus manis.

Ada beberapa versi asal usul mengapa dinamakan buah naga.

* Batangnya yang berbentuk panjang menjulur mirip seekor naga.
* Warna kulit buah naga merah dan bersisik menyerupai kulit ular naga.

* Karena dianggap buah yang mandatangkan berkah, buah ini sering diletakkan di antara patung-patung naga di atas meja altar persembahan. Karena itulah disebut buah naga.

Awalnya buah naga hanya merupakan tanaman yang hidup liar di hutan dan buahnya tidak dikonsumsi. Kemudian seiring dengan perkembangan waktu, buah ini dijadikan tanaman hias. Namun setelah diketahui manfaat buah naga sangat baik untuk kesehatan, akhirnya buah naga dibudidayakan di berbagai negara, temasuk Indonesia.

Jenis Buah Naga

Dragon fruit terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

1. Buah naga yang berkulit merah dan dagingnya berwarna putih (Hylocereus undatus)

2. Buah naga yang berkulit merah muda dan dagingnya berwarna merah (Hylocereus polyrhizus)

3. Buah naga berkulit kuning dan dagingnya berwarna putih (Selenicereus megalanthus)

4. Buah naga dengan daging buah yang berwarna super merah (Hylocereus costaricensis)

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Dalam satu buah naga mengandung gizi dan vitamin yang lengkap, di antaranya adalah:

* 90% air
* 11,5 gram karbohidrat
* 0,53 gram protein
* 0,71 gram serat
* 134,5 mili gram kalsium
* 9,4 mili gram vitamin C
* 8,7 mili gram fosfor
* 60,4 mili gram magnesium
* 0,139 gram asam
* Kadar gulanya 13-18 briks

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Berdasarkan hasil penelitian, manfaat buah naga ternyata banyak sekali.

1. Melindungi kesehatan bagian mulut
2. Menurunkan kolesterol
3. Mengobati keputihan pada wanita
4. Menyeimbangkan kadar gula dalam darah
5. Mencegah penyakit kanker usus
6. Mencegah pendaharan
7. Menurunkan kadar lemak yang terdapat dalam tubuh
8. Menjaga kesehatan jantung
9. Mencegah penyakit kencing manis
10. Menguatkan tulang
11. Menjaga kesehatan mata
12. Menjaga daya tahan tubuh
13. Memperkuat fungsi ginjal
14. Mengobati penyakit hipertensi
15. Dapat digunakan sebagai bahan kosmetik karena berkhasiat untuk menghaluskan kulit.

Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok dan kebotakan merupakan momok yang menakutkan bagi setiap orang. Berbagai upaya dilakukan untuk menghindari masalah tersebut. Ratusan ribu duit melayang untuk melakukan perawatan rambut di salon salon ternama berikut membeli obat obatan pencegah rambut rontok dengan berbagai macam merk.

Secara garis besar, kerontokan rambut disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor herediter atau keturunan dan faktor didapat. Kerontokan oleh karena faktor keturunan memang tidak banyak yang bisa dilakukan selain mencegah agar kerontokan tidak berlangsung dengan cepat. Sedangkan faktor yang didapat, ada yang disebabkan oleh karena penyakit dan ada pula karena kesalahan perawatan rambut.

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi terjadinya kerontokan rambut :

* Makanlah makanan yang bergizi terutama yang banyak mengandung protein dan zat besi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan organ tubuh termasuk rambut. Sumber protein utama berasal dari ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai dan lain lain.
* Hindari stress karena stress akan menganggu metabolisme tubuh yang imbasnya ke rambut juga.
* Jauhi obat obatan yang dapat menganggu pertumbuhan rambut.
* Rajinlah berolah raga. Berolah raga secara teratur akan memperlancar peredaran darah termasuk peredaran darah pada kulit kepala yang akan menutrisi rambut.
* Selain rajin berolah raga, beristirahatlah yang cukup sehingga pertumbuhan rambut anda lebih optimal.
* Berhentilah merokok, kurangi konsumsi kafein. Kedua zat ini tidak baik untuk rambut anda.
* Hindari penggunaan air yang terlalu panas saat keramas dan hindari pula menggunakan pengering rambut yang terlalu sering. Keringkanlah rambut anda hanya dengan handuk dan meng-anginkan di udara terbuka.
* Lindungilah kulit kepala anda dari sinar matahari langsung.
* Pilihlah menggunakan shampoo herbal yang bagus, jangan menggunakan shampoo yang terbuat dari bahan kimia yang tidak jelas.
* Sisirlah rambut anda dengan lembut saat rambut masih dalam keadaan agak basah.
* Kurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut dan spray rambut. Gunakanlah produk yang terbuat dari bahan alami.
* Saat anda mencukur rambut, sarankanlah tukang cukur anda menggunakan gunting yang cukup tajam.
* Hindari kebiasaan menarik narik rambut dengan alasan tidak jelas.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Untuk menghilangkan bekas flek atau jerawat, gunakan madu yang telah dipanaskan sebelumnya. Lalu oleskan ke flek saat masih hangat. Diamkan sekitar 10 menit. Lakukan setiap hari sampai flek benar-benar hilang.

Istigfar + Kesadaran = Takwa

Cukupkah kita beristigfar lantas dosa-dosa kita berguguran? Belum tentu. Istigfar bukan semata-mata ungkapan permohonan ampun seperti ’ astagfirullah hal azhim’. Bukan juga semata-mata mengalunkan zikir-zikir ampunan didalam hati. Istigfar harus dipadukan dengan kesadaran untuk berubah.
Lalu, kesadaran seperti apakah yang kita butuhkan? Sederhana sekali. Kesadaran akan kesalahan-kesalahan tersebut pada masa kini dan masa akan datang. Allah menegaskan hal ini dengan ungkapan taubat yang sesungguhnya.
Kesadaran untuk tidak mau mengulangi dosa-dosa pada masa lalu itulah yang sebenarnya mengantarkan kita pada wujud takwa. Beristigfarlah dan ikutilah setiap istigfar tersebut dengan kesadaran. Ya, kesadaran bahwa kita telah salah dan tak akan mengulangi kesalahan tersebut. Itulah inti sikap takwa, melaksanakan segala perintah Allah dan mengikrarkan diri untuk menjauhi kesalahan-kesalahan dan dosa yang dilarang Allah.
Memang sekuat apapun kita menghindari dosa, kita tak akan pernah mampu mengelak dari kesalahan dan dosa. Oleh karena itu, Allah sediakan fasilitas istigfar sebagai wasilah ampunan dari-Nya untuk para hamba-Nya yang ingin memperbaiki diri.
Memadukan istigfar dan kesadaran, membuat kita bertambah mantap menjalani hidup. Semakin hari, potensi-potensi kebaikan kita tumbuh berkembang, karena kita selalu belajar dari kesalahan, dan tak mau mengulanginya.

Budaya Perkuliahan

Perguruan Tinggi banyak terdapat di Indonesia mulai dari Perguruan Tinggi Negeri sampai Swasta. Biasanya ketika kelas 3 SMA para pelajar mempersiapkan diri dengan mengikuti bimbingan belajar di sekolah ataupun les sendiri diluar, agar dapat diterima di universitas yang diinginkan. Untuk dapat diterima di universitas negeri harus mengikuti tes UMPTN ( Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri ) yang sekarang menjadi SPMB yaitu Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru.
Pada waktu dulu kuliah dianggap tidaklah penting karena menurut mereka untuk bisa makan saja sudah bersyukur apalagi bisa bersekolah sampai SD, SMP, SMA bahkan kuliah, dikarenakan tidak memiliki biaya yang cukup untuk kuliah, paling tinggi hanya Sekolah Dasar ( SD ) jarang sekali yang SMP bahkan SMA ataupun Perguruan Tinggi. Tapi zaman sudah berubah sekarang semakin banyak yang ingin masuk perguruan tinggi bahkan mereka berlomba – lomba untuk masuk perguruan tinggi negeri, banyak juga yang kecewa bila mereka tidak bisa meraih atau masuk ke perguruan tinggi negeri.
Belajar di perguruan tinggi merupakan suatu pilihan strategik dalam mencapai tujuan individual seseorang. Semangat, cara belajar, dan sikap mahasiswa terhadap belajar sangat ditentukan oleh kesadaran akan adanya tujuan individual dan tujuan lembaga pendidikan yang jelas. Dalam perkuliahan berbeda dengan cara belajar di sekolah sewaktu SMA ; dalam perkuliahan mahasiswa dituntut untuk aktif tidak bisa pasif karena dalam perkuliahan mahasiswa sendiri yang mencari nilai, tidak bisa main-main seperti waktu SMA dulu, sedangkan pada waktu SMA pelajar cenderung pasif dan guru yang aktif.
Banyak jalan menuju sukses pribadi. Perguruan tinggi paling tidak memberi jalan dan kontribusi yang berarti untuk menuju sukses pribadi sekaligus sukses bagi masyarakat. Perilaku mahasiswa di perguruan tinggi akan mewarnai berbagai sukses pribadi seseorang dan juga sukses masyarakat dan negara.

Sepak Bola dan Kebudayaan

Topik yang Akhir – akhir ini sering sekali diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia adalah Sepak Bola. Yaa, Sepak Bola karena pada saat ini sedang berlangsungnya pertandingan sepak bola antar negara – negara anggota ASEAN yang terdiri dari 11 Negara yaitu : Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Laos, Brunei Darussalam, Kamboja, Myanmar dan Timor Leste. Yang memperebutkan satu piala yaitu Piala AFF 2010 yang awalnya bernama Piala Tiger kemudian diganti menjadi AFF, AFF sendiri kepanjangan dari ASEAN Football Federation. Kenapa masyarakat Indonesia memperbincangkannya selain karena Indonesia masuk atau melaju sampai final Piala AFF 2010, juga karena kebanggaan masyarakat Indonesia atas prestasi Tim Nasional Indonesia atau TimNas Indonesia yang selama ini mungkin tidak terlalu baik, tidak tanggung – tanggung pada saat perempat final dan semi final TimNas mampu mengalahkan lawan –lawannya dengan permainan yang baik, dengan skor yang mengagumkan dan menjadi juara grup. Sekarang Indonesia melaju ke final melawan Malaysia tentunya ini menjadi pertandingan yang seru dan menegangkan yang pastinya sudah ditunggu – tunggu dan di prediksi oleh sebagian masyarakat Indonesia bahwa Malaysia akan bertemu Indonesia di final, mengingat hubungan bilateral kedua Negara tersebut sempat memanas atau tidak baik dikarenakan ada beberapa kebudayaan – kebudayaan Indonesia yang di klaim Malaysia sebagai miliknya dan itu membuat masyarakat Indonesia marah dan tidak terima atas perbuatan Malaysia. Kebudayaan yang di klaim diantaranya adalah Reog Ponorogo, jelas – jelas ini milik Indonesia bukan milik Malaysia, Reog Ponorogo adalah Tarian daerah yang berasal dari daaerah Ponorogo Jawa Timur, dan di ubah namanya menjadi Tari Barongan oleh Malaysia. Selain Reog Ponorogo ada juga lagu Rasa Sayange, Rasa Sayange adalah lagu yang berasal dari Maluku yang diubah syairnya dan di jadikan jingle pariwisata oleh Malaysia. Indonesia memiliki kebudayaan yang beraneka ragam di setiap daerah memiliki adat istiadat daerahnya masing - masing. Tapi itu semua sudah lewat, dan walaupun Indonesia kalah melawan Malaysia pada minggu 26 desember kemarin, semangat masyarakat Indonesia tidak surut membela dan mendukung TimNas. Semoga Indonesia bisa menang atas Malaysia dan bisa menjadi juara mengharumkan nama bangsa dengan membawa piala AFF 2010.

Ingin Awet Muda? Berpuasalah!

Percayakah Anda bahwa puasa bisa membuat kita awet muda? Ya, karena dengan berpuasa maka sel–sel tubuh kita akan mengalami peremejaan. Otot dan pembuluh darah pun bertambah segar sehingga memperlambat proses penuaan. Sel–sel yang rusak akan tergantikan dengan sel-sel yang baru. Tentunya, sel-sel yang baru ini memiliki fungsi yang lebih baik daripada sel-sel yang lama. Puasa juga mendorong organ-organ tubuh untuk produktif. Puasa dapat menambah jumlah sel darah putih. Dengan demikian, setelah berpuasa organ-organ tubuh kita dapat berfungsi lebih baik.

Secara psikologis, orang-orang yang berpuasa juga jauh dari sifat amarah, iri, sedih, dan sifat negatif lainnya, karena orang yang berpuasa lebih bisa menahan emosi dan hawa nafsunya. Jika hati tenang, wajah pun terpancar bahagia.

Selasa, 28 Desember 2010

Kekuatan Sedekah

Selama ini mungkin kita menduga sedekah haruslah berupa harta benda. Sesungguhnya, tidak demikian. Rasulullah saw bersabda, " Setiap kebaikan itu bernilai sedekah. Di antara hal yang termasuk kebaikan adalah engkau menemui saudaramu dengan wajah berseri dan engkau tuangkan embermu ke bejana saudaramu.” ( HR Ahmad dan Tirmidzi ).

Sedekah tidak terbatas pada harta benda. Memberikan senyum, bersikap ramah, atau memperlakukan orang lain sebaik mungkin juga termasuk aktivitas sedekah. Di sinilah Rasulullah saw mengajarkan pentingnya nilai – nilai silaturahim dan menjalin hubungan dengan orang lain. Mungkin, kalau setiap muslim memahami hadits tersebut, insya Allah tidak akan ada permusuhan atau perang saudara. Sebaliknya yang ada adalah saling menolong, saling menasihati untuk kebaikan, dan saling menyayangi.

Rasulullah saw sebagai teladan umat sepanjang zaman, sudah memberikan contoh sejak dahulu. Beliau telah menunjukkan kepada kita bagaimana mendahulukan kepentingan saudara kita daripada kepentingan diri sendiri. Oleh karena itu, tak henti-hentinya Rasulullah saw memerintahkan para sahabat dan umatnya, termasuk kita, untuk gemar bersedekah sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Lalu, adakah keajaiban dibalik sedekah yang belum kita ketahui? Berikut ini adalah beberapa keajaiban sedekah yang semoga memotivasi kita untuk terus bersedekah.
> Mendapatkan Kesembuhan
> Mempermudah Datangnya Rezeki dan Jodoh
> Menghapuskan Kesalahan
> Menolak Bencana

Perkembangan Koperasi di Negara Lain ( Bagian Johor, Malaysia )

Dalam beberapa dekade terakhir usaha perkoperasiaan di Johor mengalami perkembangan yang tumbuh dengan pesat. Beberapa koperasi di negara bagian ini kerap menjadi koperasi terbaik di Malaysia. Bahkan sejumlah tokoh koperasi nasional di Malaysia mengawali karir koperasi di Johor.
Gerakan koperasi pertama kali bertapak di Malaysia jauh sebelum negara itu terbentuk pada pertengahan dekade 50-an. Pada tahun 1922, sebuah koperasi untuk pertama kalinya berdiri dengan nama Syarikat Bekerjasama-sama Kampung Tebuk Haji Musa. Pada kisaran waktu yang sama, berdiri pula The Federated Malay States Posts and Telegraphs Cooperative Thrift and Loan Society. Koperasi ini kelak bertransformasi menjadi koperasi Kakitangan Telekom Malaysia Berhad, disingkat Kotamas.
Setelah itu koperasi menyebar ke negara-negara bagian lainnya, menyeberang ke serawak pada tahun 1949 dan di sabah pada tahun 1959.
Perkembangan koperasi di Malaysia tepatnya di negara bagian johor begitu tumbuh pesat ini tidak terlepas dari manajemen yang rapi serta dukungan dari pemerintah malasyia, demi memajukan koperasi di negara tersebut. Selain faktor tersebut ada yang menyebabkan perkembangan koperasi di Malaysia mengalami pertumbuhan yang pesat ini dikarenakan negara bagian johor cukup strategis dalam peta perekonomian Malaysia. Apalagi, negara bagian Malaysia ini sangat berdekatan atau hanya dipisahkan selat sempit dengan Singapura, salah Satu Magnet Perekonomian Asia.
Keuntungan secara geografis dengan Singapura, rupanya dimanfaatkan betul oleh pemerintah negara bagian Johor, guna membangun akses ekonomi atau bisnis dengan negara pulau itu. Pemabangunan infrastruktur pun dilakukan. Sebuah jembatan antarpulau bernama Tambak Johor kokoh berdiri. Satu lagi jembatan yang akan menghubungkan kedua negara sedang disiapkan. Kini terbukti, lalu lintas manusia dan perdagangan antarkedua negara semakin lancar. Dampaknya, pertumbuhan ekonomi Johor turut terpacu.
Kini setidaknya ada 440 koperasi di Johor dengan jumlah anggota sekitar 350,000 orang, serta total aset senilai RM 420 juta serta simpanan tunai sekitar RM 141 juta. Sejumlah koperasi dengan manajemen yang sangat baik dapat ditemui di Johor, antara lain koperasi Guru-Guru Johor Berhad, koperasi universitas Teknologi Malaysia Berhad, dan koperasi Permodalan Melayu Negeri Johor Berhad ini merupakan koperasi yang dijalankan. Koperasi Guru-Guru Johor yang didirikan pada 11 September 1953, kini memiliki aset sebesar RM 8,36 juta, atau sekitar Rp 33 miliar (data tahun 2002). Koperasi para guru itu selain menyediakan layanan simpan pinjam, juga aktif dalam perdagangan barang-barang konsumsi, dengan jenis usaha yang kian meluas di negara bagian johor. Koperasi Universitas Teknologi Malaysia , juga hadir sebagai salah satu koperasi terbaik di Malaysia koperasi ini sekarang memiliki 2.547 anggota terdiri atas dosen, karyawan, dan professional di UTM, baik yang ada di Johor maupun Kuala Lumpur. Didirikan tahun 1948, koperas UTM kini mengelola berbagai jenis usaha, seperti toko buku, kafe, mini market, bengkel, dan leasing barang-barang elektronik.
Adapun koperasi Permodalan Melayu Negeri Johor Berhad adalah koperasi yang menyediakan kredit usaha yang sangat kesohor di tanah Johor. Berdiri pada 1965, atas prakarsa Tan Sri Dato’ Haji Basir Bin Ismail, seorang tokoh yang menyadari pentingnya pribumi Melayu bersatu untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Koperasi ini kini mampu meraup sisa hasil usaha sebesar RM 1,45 juta.
Dukungan pemerintah Malaysia dalam pembangunan koperasi juga cukup kuat. Seperti halnya di Indonesia, pemerintah Malaysia menyediakan bantuan dana dan teknis dan pendidikan kepada kalangan koperasi. Setiap tahun, pemerintah juga memberikan penghargaan kepada koperasi berprestasi. Penghargaan tahun ini dianugerahkan kepada koperasi Perumahan Kluang Berhad sebagai koperasi yang berkualitas se Johor. Penghargaan juga diberikan kepada Prof Madya Mohammad Ali Hasan sebagai Tokoh koperasi Johor 2005.

Sumber : www.majalah-koperasi.com/perkembangan-koperasi-di-negara-bagian-johor-malaysia/

Jenis - Jenis Koperasi di Indonesia

Koperasi adalah jenis badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum.

Koperasi melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Koperasi menurut UUD 1945 pasal 33 ayat 1 merupakan usaha kekeluargaan dengan tujuan mensejahterakan anggotanya.

Jenis-jenis koperasi

Koperasi secara umum dapat dikelompokkan menjadi koperasi konsumen, koperasi produsen dan koperasi kredit (jasa keuangan). Koperasi dapat pula dikelompokkan berdasarkan sektor usahanya.

* Koperasi Simpan Pinjam
* Koperasi Konsumen
* Koperasi Produsen
* Koperasi Pemasaran
* Koperasi Jasa

Koperasi Simpan Pinjam adalah koperasi yang bergerak di bidang simpanan dan pinjaman.

Koperasi Konsumen adalah koperasi beranggotakan para konsumen dengan menjalankan kegiatannya jual beli menjual barang konsumsi.

Koperasi Produsen adalah koperasi beranggotakan para pengusaha kecil menengah(UKM) dengan menjalankan kegiatan pengadaan bahan baku dan penolong untuk anggotanya.

Koperasi Pemasaran adalah koperasi yang menjalankan kegiatan penjualan produk/jasa koperasinya atau anggotanya.

Koperasi Jasa adalah koperasi yang bergerak di bidang usaha jasa lainnya.

Ada pula Jenis Koperasi berdasarkan Fungsi dan Tingkat dan Luas Daerah Kerja.

A. Jenis koperasi berdasarkan fungsinya :

1. Koperasi Konsumsi
Koperasi ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan umum sehari-hari para anggotanya. Yang pasti barang kebutuhan yang dijual di koperasi harus lebih murah dibantingkan di tempat lain, karena koperasi bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya.

2. Koperasi Jasa
Fungsinya adalah untuk memberikan jasa keuangan dalam bentuk pinjaman kepada para anggotanya. Tentu bunga yang dipatok harus lebih renda dari tempat meminjam uang yang lain.

3. Koperasi Produksi
Bidang usahanya adalah membantu penyediaan bahan baku, penyediaan peralatan produksi, membantu memproduksi jenis barang tertentu serta membantu menjual dan memasarkannya hasil produksi tersebut. Sebaiknya anggotanya terdiri atas unit produksi yang sejenis. Semakin banyak jumlah penyediaan barang maupun penjualan barang maka semakin kuat daya tawar terhadap suplier dan pembeli.

B. Jenis koperasi berdasarkan tingkat dan luas daerah kerja

1. Koperasi Primer
Koperasi primer ialah koperasi yang yang minimal memiliki anggota sebanyak 20 orang perseorangan.

2. Koperasi Sekunder
Adalah koperasi yang terdiri dari gabungan badan-badan koperasi serta memiliki cakupan daerah kerja yang luas dibandingkan dengan koperasi primer.
Koperasi sekunder dapat dibagi menjadi :
a. koperasi pusat - adalah koperasi yang beranggotakan paling sedikit 5 koperasi primer
b. gabungan koperasi - adalah koperasi yang anggotanya minimal 3 koperasi pusat
c. induk koperasi - adalah koperasi yang minimum anggotanya adalah 3 gabungan koperasi

Sumber:id.wikipedia.org/wiki/Koperasi
organisasi.org/jenis_jenis_koperasi_berdasarkan_fungsi_serta_tingkat_dan_luas_daerah -

Sejarah Perkembangan Koperasi di Indonesia

Sejak lama bangsa Indonesia telah mengenal kekeluargaan dan kegotongroyongan yang dipraktekkan oleh nenek moyang bangsa Indonesia. Kebiasaan yang bersifat nonprofit ini, merupakan input untuk Pasal 33 ayat 1 UUD 1945 yang dijadikan dasar/pedoman pelaksanaan Koperasi. Kebiasaan-kebiasaan nenek moyang yang turun-temurun itu dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia di antaranya adalah Arisan untuk daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, paketan, mitra cai dan ruing mungpulung daerah Jawa Barat, Mapalus di daerah Sulawesi Utara, kerja sama pengairan yang terkenal dengan Subak untuk daerah Bali, dan Julo-julo untuk daerah Sumatra Barat merupakan sifat-sifat hubungan sosial, nonprofit dan menunjukkan usaha atau kegiatan atasdasar kadar kesadaran berpribadi dan kekeluargaan.

Bentuk-bentuk ini yang lebih bersifat kekeluargaan, kegotongroyongan, hubungan social, nonprofit dan kerjasama disebut Pra Koperasi. Pelaksanaan yang bersifat pra-koperasi terutama di pedesaan masih dijumpai, meskipun arus globlisasi terus merambat ke pedesaan.

Kemajuan ilmu oengetahuan dan teknologi pada pertengahan abad ke-18 telah mengubah wajah dunia. Berbagai penemuan di bidang teknologi ( revolusi industri ) melahirkan tata dunia ekonomi baru. Tatanan dunia ekonomi menjajdi terpusat pada keuntungan perseorangan, yaitu kaum pemilik modal ( kapitalisme ). Kaum kapitalis atau pemilik modal memanfaatkan penemuan baru tersebutdengan sebaik-baiknya untuk memperkaya dirinya dan memperkuat kedudukan ekonominya. Hasrat serakah ini melahirkan persaingan bebas yang tidak terbatas. Sistem ekonomi kapitalis / liberal memberikan keuntungan yang sebesar-besarnya kepada pemilik modal dan melahirkan kemelaratan dan kemiskinan bagi masyarakat ekonomi lemah.

Dalam kemiskinan dan kemelaratan ini, muncul kesadaran masyarakat untuk memperbaiki nasibnya sendiri dengan mendirikan koperasi. Pada tahun 1844 lahirlah koperasi pertama di Inggris yang terkenal dengan nama Koperasi Rochdale di bawah pimpinan Charles Howart. Di Jerman, Frederich Willhelm Raiffeisen dan Hermann Schulze memelopori Koperasi Simpan Pinjam. Di Perancis, muncul tokoh-tokoh kperasi seperti Charles Fourier, Louis Blance, dan Ferdinand Lassalle. Demikian pula di Denmark. Denmark menjadi Negara yang paling berhasil di dunia dalam mengembangkan ekonominya melalui koperasi.

Kemajuan industri di Eropa akhirnya meluas ke Negara-negara lain, termasuk Indonesia. Bangsa Eropa mulai mengembangkan sayap untuk memasarkan hasil industri sekaligus mencari bahan mentah untuk industri mereka. Pada permulaannya kedatangan mereka murni untuk berdagang. Nafsu serakah kaum kapitalis ini akhirnyaberubah menjadi bentuk penjajahan yang memelaratkan masyarakat.

Bangsa Indonesia, misalnya dijajah oleh Belanda selama 3,5 abad dan setelah itu dijajah Jepang selama 3,5 tahun. Selama penjajahan, bangsa Indonesia berada dalam kemelaratan dan kesengsaraan. Penjajah melakukan penindsan terhadap rakyat dan mengeruk hasil yang sebanyak-banyaknya dari kekayaan alam Indonesia. Penjajahan menjadikan perekonomian Indonesia terbelakang. Masyarakat diperbodoh sehingga dengan mudah menjadi mangsa penipuan dan pemerasan kaum lintah darat, tengkulak, dan tukang ijon.

Koperasi memang lahir dari penderitaan sebagai mana terjadi di Eropa pertengahan abad ke-18. Di Indonesia pun koperasi ini lahir sebagai usaha memperbaiki ekonomi masyarakat yang ditindas oleh penjajah pada masa itu.

Untuk mengetahui perkembangan koperasi di Indonesia, sejarah perkembangan koperasi Indonesia secara garis besar dapat dibagi dalam “ dua masa ”, yaitu masa penjajahan dan masa kemerdekaan.

Masa Penjajahan

Di masa penjajahan Belanda, gerakan koperasi pertama di Indonesia lahir dari inisatif tokoh R. A. Wiriaatmadja pada tahun 1986. Wiriaatmadja, patih Purwokerto ( Banyumas ) ini berjasa menolong para pegawai, pedagang kecil dan petani dari hisapan lintah darat melalui koperasi. Beliau dengan bantuan E. Sieberg, Asisten Residen Purwokerto, mendirikan Hulp-enSpaar Bank. Cita-cita Wiriaatmadja ini juga mendapat dukungan dari Wolf van Westerrode, pengganti Sieberg. Mereka mendirikan koperasi kredit sistem Raiffeisen.

Gerakan koperasi semakin meluas bersamaan dengan munculnya pergerakan nasional menentang penjajahan. Berdirinya Boedi Oetomo, pada tahun 1908 mencoba memajukan koperasi rumah tangga ( koperasi konsumsi ). Serikat Islam pada tahun 1913 membantu memajukan koperasi dengan bantuan modal dan mendirikan Toko Koperasi. Pada tahun 1927, usaha koperasi dilanjutkan oleh Indonesische Studie Club yang kemudian menjadi Persatuan Bangsa Indonesia ( PBI ) di Surabaya. Partaui Nasional Indonesia ( PNI ) di dalam kongresnya di Jakarta berusah menggelorakan semangat kooperasi sehuingga kongres ini sering juga disebut “ kongres koperasi ”.

Pergerakan koperasi selam penjajahan Belanda tidak dapat berjalan lancer. Pemerintah Belanda selalu berusaha menghalanginya, baik secara langsug maupun tidak langsung. Selain itu, kesadaran masyarakat atas koperasi sangat rendah akibat penderitaan yang dialaminya. Untuk membatasi laju perkembangan koperasi, pemerintah Belanda mengeluarkan peraturan koperasi Besluit 7 April No. 431 tahun 1915. Berdasarkan peraturan ini rakyat tidak mungkin mendirikan koperasi karena :

1. mendirikan koperasi harus mendapat izin dari gubernur jenderal
2. akta dibuat dengan perantaraan notaris dan dalam bahasa Belanda
3. ongkos materai sebesar 50 golden
4. hak tanah harus menurut hukum Eropa
5. harus diumumkan di Javasche Courant yang biayanya juga tinggi

Peraturan ini mengakibatkan munculnya reaksi dari kaum pergerakan nasional dan para penganjurkoperasi. Oleh karena itu, pada tahun 1920 pemerintah Belanda membentuk “ Panitia Koperasi ” yang diketuai oleh J. H. Boeke. Panitia ini ditugasi untuk meneliti mengenai perlunya koperasi. Setahun kemudian, panitia itu memberikan laporan bahwa koperasi perlu dikembangkan. Pada tahun 1927 pemerintah mengeluarkan peraturan No. 91 yang lebih ringan dari perturan 1915. isi peraturan No. 91 antara lain :

1. akta tidak perlu dengan perantaraan notaries, tetapi cukup didaftarkan pada Penasehat Urusan Kredit Rakyat dan Koperasi serta dapat ditulis dalam bahasa daerah
2. ongkos materai 3 golden
3. hak tanah dapat menurut hukum adat
4. berlaku untuk orang Indonesia asli, yang mempunyai hak badan hukum secara adat

Dengan keluarnya peraturan ini, gerakan koperasi mulai tumbuh kemabli. Pada tahun 1932, Partai Nasional Indonesia mengadakan kongres koperasi di Jakarta. Pada tahun 1933, pemerintah Belanda mengeluarkan lagi peraturan No. 108 sebagai pengganti peraturan yang dikeluarkan pada tahun 1915. Peraturan ini merupakan salinan dari peraturan koperasi Belanda tahun1925, sehingga tidak cocok dan sukar dilaksanakan oleh rakyat. Pada masa penjajahan Jepang, koperasi mengalami nasib yang lebih buruk. Kamntor Pusat Jawatan Koperasi diganti oleh pemerintah Jepang menjadi Syomin Kumiai Cou Jomusyo dan Kantor Daerah diganti menjadi Syomin Kumiai Saodandyo. Kumiai yaitu koperasi model Jepang, mula-mula bertugas untuk mendistribusikan barang-barang kebutuhan rakyat. Hal ini hanya alat dari Jepang untuk mengumpulkan hasil bumi dan barang-barang kebutuhan untuk Jepang. Walau hanya berlangsung selama 3,5 tahun tetapi rakyat Indonesia mengallami penderitaan yang jauh lebih dahsyat. Jadi, dalam masa penjajahan Jepang koperasi Indonesia dapat dikatakan mati.

Masa Kemerdekaan

Setelah bangsa Indonesia merdeka, pemerintah dan seluruh rakyat segera menata kembali kehidupan ekonomi. Sesuai dengan tuntutan UUD 1945 pasal 33, perekonomian Indonesia harus didasrkan pada asas kekeluargaan. Dengan demikian, kehadiran dan peranan koperasi di dalam perekonomian nasional Indonesia telah mempunyai dasar konstitusi yang kuat. Di masa kemerdekaan, koperasi bukan lagi sebagai reaksi atas penderitaan akibat penjajahan, koperasi menjadi usaha bersama untuk memperbaiki dan meningkatkan taraf hidup yang didasarkan pada asas kekeluargaan. Hal ini sangat sesuai dengan cirri khas bangsa Indonesia, yaitu gotong royong.

Pada awal kemerdekaan, koperasi berfungsi untuk mendistribusikan keperluan masyarakat sehari-hari di bawah Jawatan Koperasi, Kementerian Kemakmuran. Pada tahun 1946, berdasarkan hasil pendaftaran secara sukarela yang dilakukan Jawatan Koperasi terdapat sebanyak 2.500 buah koperasi. Koperasi pada saat itu dapat berkembang secara pesat.

Namun karena sistem pemerintahan yang berubah-ubah maka terjadi titik kehancuran koperasi Indonesia menjelang pemberontakan G30S / PKI. Partai-partai memenfaatkan koperasi untuk kepentingan partainya, bahkan ada yang menjadikan koperasi sebagai alat pemerasan rakyat untuk memperkaya diri sendiri, yang dapat merugikan koperasi sehingga masyarakat kehilangan kepercayaannya dan takut menjadi anggota koperasi.

Pembangunan baru dapat dilaksanakan setelah pemerintah berhasil menumpas pemberontakan G30S / PKI. Pemerintah bertekad untuk melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen. Kehadiran dan peranan koperasi dalam perekonomian nasional merupakan pelaksanaan amanat penderitaan rakyat. Masa pasca kemerdekaan memang dapat dikatakan berkembang tetapi pada masa itu membuat perkembangan koperasi berjalan lambat. Namun keadaannya sperti itu, pemerintah pada atahun 1947 berhasil melangsungkan Kongres Koperasi I di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kongres Koperasi I menghasilkan beberapa keputusan penting, antara lain :

1. mendirikan sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia ( SOKRI )
2. menetapkan gotong royong sebagai asas koperasi
3. menetapkan pada tanggal 12 Juli sebagai hari Koperasi

Akibat tekanan dari berbagai pihak misalnya Agresi Belanda, keputiuasab Kongres Koperasi I belum dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Namun, pada tanggal 12 Juli 1953, diadakanlah Kongres Koperasi II di Bandung, yang antara lain mengambil putusan sebagai berikut :

1. Membentuk Dewan Koperasi Indonesia ( Dekopin ) sebagai pengganti SOKRI
2. Menetapkan pendidikan koperasi sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah
3. Mengangkat Moh. Hatta sebagai Bapak Koperasi Indonesia
4. Segera akan dibuat undang-undang koperasi yang baru

Hambatan-hambatan bagi pertumbuhan koperasi antara lain disebabkan oleh hal-hal berikut :

1. kesadaran masyarakat terhadap koperasi yang masih sangat rendah
2. pengalaman masa lampau mengakibtakan masyarakat tetap merasa curiga terhadap koperasi
3. pengetahuan masyarakat mengenai koperasi masih sangat rendah

Untuk melaksanakan program perkoperasian pemerintah mengadakan kebijakan antara lain :

1. menggiatkan pembangunan organisasi perekonomian rakyat terutama koperasi
2. memperluas pendidikan dan penerangan koperasi
3. memberikan kredit kepada kaum produsen, baik di lapangan industri maupun pertanian yang bermodal kecil

Organisasi perekonomian rakyat terutama koperasi sangat perlu diperbaiki. Para pengusaha dan petani ekononmi lemah sering kali menjadi hisapan kaum tengkulak dan lintah darat. Cara membantu mereka adalah mendirikan koperasi di kalangan mereka. Dengan demikian pemerintah dapat menyalutrkan bantuan berupa kredit melalui koperasi tersebut. Untuk menanamkan pengertian dan fubgsi koperasi di kalangan masyarakat diadakan penerangan dan pendidikan kader-kader koperasi.

Sumber :Dikutip dari http://community.gunadarma.ac.id/blog/view/id_1893/title_sejarah-koperasi-perkembangan-di-indonesia/

Rabu, 08 Desember 2010

Teori - Teori Kepribadian

1. Pengertian psikologi kepribadian

Kata personality dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Yunani kuno prosopon atau persona, yang artinya 'topeng' yang biasa dipakai artis dalam theater. Para artis itu bertingkah laku sesuai dengan ekspresi topeng yang dipakainya, seolah-olah topeng itu mewakili ciri kepribadian tertentu. Jadi konsep awal pengertian personality (pada masyarakat awam) adalah tingkah laku yang ditampakkan ke lingkungan sosial- kesan mengenai diri yang diinginkan agar dapat ditangkap oleh lingkungan sosial.

Ada beberapa kata atau istilah yang oleh masyarakat diperlakukan sebagai sinonim kata personality, namun ketika istilah-istilah itu dipakai di dalam teori kepribadian diberi makna berbeda-beda. Istilah yang berdekatan maknanya antara lain :

1. Personality (kepribadian); penggambaran perilaku secara deskriptif tanpa memberi nilai (devaluative)

2. Character (karakter); penggambaran tingkah laku dengan menonjolkan nilai (benar-salah, baik-buruk) baik secara ekspilit maupun implisit.

3. Disposition (watak); karakter yang telah dimiliki dan sampai sekarang belum berubah.

4. Temperament (temperament); kepribadian yang berkaitan erat dengan determinan biologic atau fisiologik, disposisi hereditas.

5. Traits (sifat); respons yang senada (sama) terhadap kelompok stimuli yang mirip, berlangsung dalam kurun waktu yang (relatif) lama.

6. Type-Attribute (ciri): mirip dengan sifat, namun dalam kelompok stimulasi yang lebih terbatas.

7. Habit (kebiasaan): respon yang sama cenderung berulang untuk stimulus yang sama pula.

Sampai sekarang, masih belum ada batasan formal personality yang mendapat pengakuan atau kesepakatan luas dilingkungan ahli kepribadian. Masing-masing pakar kepribadian membuat definisi sendiri-sendiri sesuai dengan paradigma yang mereka yakini dan fokus analisis dari teori yang mereka kembangkan. Berikut adalah beberapa contoh definisi kepribadian:

1. Kepribadian adalah nilai sebagai stimulus sosial, kemampuan menampilkan diri secara mengesankan (Hilgard & Marquis)

2. Kepribadian adalah kehidupan seseorang secara keseluruhan, individual, unik, usaha mencapai tujuan, kemampuannya bertahan dan membuka diri, kemampuan memperoleh pengalaman (Stern)

3. Kepribadian adalah organisasi dinamik dalam sistem psikofisiologik seorang yang menentukan model penyesuaiannya yang unik dengan lingkungannya (Allport)

4. Kepribadian adalah pola trait-trait yang unik dari seseorang (Guilford)

5. Kepribadian adalah seluruh karakteristik seseorang atau sifat umum banyak orang yang mengakibatkan pola yang menetap dalam merespon suatu situasi (Pervin)

6. Kepribadian adalah seperangkat karakteristik dan kecenderungan yang stabil, yang menentukan keumuman dan perbedaan tingkah laku psikologik (berpikir, merasa, dan gerakan) dari seseorang dalam waktu yang panjang dan tidak dapat dipahami secara sederhana sebagai hasil dari tekanan sosial dan tekanan biologic saat itu (Mandy atau Burt)

7. Kepribadian adalah suatu lembaga yang mengatur organ tubuh, yang sejak lahir sampai mati tidak pernah berhenti terlibat dalam pengubahan kegiatan fungsional (Murray)

8. Kepribadian adalah pola khas dari fikiran, perasaan, dan tingkah laku yang membedakan orang satu dengan yang lain dan tidak berubah lintas waktu dan situasi (Phares)

Jelas, masing-masing definisi mencoba menonjolkan aspek yang berbeda-beda, dan disusun untuk menjawab tantangan permasalahan yang berbeda. Lebih menguntungkan memahami beberapa teori dan memilih teori yang tepat untuk diterapkan pada masalah yang tepat, disamping tetap memakai teori-teori yang lain sebagai pembanding sehingga keputusan profesional yang diambil seorang psikologi dapat lebih dipertanggung jawabkan. Namun sesungguhnya dari berbagai definisi itu, ada lima persamaan yang menjadi ciri bahwa definisi itu adalah definisi kepribadian, sebagai berikut :

1. Kepribadian bersifat umum; Kepribadian menunjuk kepada sifat umum seseorang-fikiran, kegiatan, dan perasaan- yang berpengaruh terhadap keseluruhan tingkah lakunya.

2. Kepribadian bersifat khas: Kepribadian dipakai untuk menjelaskan sifat individu yang membedakan dia dengan orang lain, semacam tanda tangan atau sidik jari psikologik, bagaimana individu berbeda dengan yang lain.

3. Kepribadian berjangka lama: Kepribadian dipakai untuk menggambarkan sifat individu yang awet, tidak mudah berubah sepanjang hayat. Kalaku terjadi perubahan biasanya bersifat bertahap atau akibat merespon suatu kejadian yang luar biasa.

4. Kepribadian bersifat kesatuan: Kepribadian dipakai untuk memandang diri sebagai unit tunggal, struktur atau organisasi internal hipotetik yang membentuk suatu kesatuan.

5. Kepribadian bisa berfungsi baik atau buruk: Kepribadian adalah cara bagaimana orang berada di dunia. Apakah dia tampil dalam tampilan yang baik, kepribadiannya sehat dan kuat? Atau tampil sebagai burung yang lumpuh? Yang berarti kepribadiannya menyimpang atau lemah? Ciri kepribadian sering dipakai untuk menjelaskan bagaimana dan mengapa orang senang dan mengapa susah, berhasil atau gagal, berfungsi penuh atau berfungsi sekedarnya.

Sumber : datarental.blogspot.com/.../teori-teori-dalam-psikologi-kepribadian.html

Produk Positioning

Positioning adalah cara yang dilakukan oleh marketer untuk membangun citra atau identitas di benak konsumen untuk produk, merk atau lembaga tertentu. Positioning adalah membangun persepsi relatif satu produk dibanding produk lain. Karena penikmat produk adalah pasar, maka yang perlu dibangun adalah persepsi pasar. Reposisi produk sangat ditentukan dari sudut pandang mana konsumen melihat citra produk kita, apabila kita menerapkan family branding dalam mengembangkan produk, maka keseluruhan citra perusahaan akan sangat mempengaruhi citra produk.

Re-positioning merupakan kegiatan yang melibatkan penggantian identitas produk , jalinan kompetitor yang ada dan mengubah citra yang ada di benak konsumen.

De-positioning merupakan kegiatan untuk mengganti jalinan kompetitor, tujuannya adalah untuk mengganti segmen pasar dan kegiatan ini mengharuskan pemilik merk untuk mengubah citra produk yang ada di benak konsumen. Contoh paling nyata adalah dalam industri otomotif, Yamaha melakukan de-positioning untuk produk Vega R nya dari segmen menengah ke segmen ekonomis, sebagai pesaing langsung produk murah dari china, produk supra fit dari honda dan Smash dari suzuki.

Proses Positioning Produk
Pada umumnya, proses postioning produk melibatkan :

* Mendefinisikan ke segmen pasar mana produk tersebut akan disaingkan
* Mengidentifikasikan dimensi atribut dan kemasan untuk menentukan seberapa besar pasar
* Mengumpulkan informasi dari konsumen tentang persepsi mereka tehadap produk dan produk pesaing
* Mengukur seberapa jauh persepsi konsumen terhadap produk
* Mengukur seberapa besar pasar produk pesaing
* Mengukur kombinasi target pasar untuk menentukan variabel marketing dalam melakukan marketing mix
* Menguji ketepatan antara
o Daya saing produk kita dengan produk pesaing
o Posisi produk kita dalam persaingan
o Posisi vektor idela dalam marketing mix

* Positioning produk
Proses positioning untuk barang dan jasa sama saja, meskipun jasa tidak memiliki ujud fisik, namun prosesnya sama.

Konsep Positioning
Secara umum, ada tiga tipe konsep postioning :

* Functional positions
o Pemecahan masalah
o Menyediakan manfaat bagi konsumen
o Memperoleh persepsi yang menyenangkan dari investor

* Symbolic positions
* Peningkatan citra diri
* Identifikasi diri
* Rasa ikut memiliki dan tingkat penghargaan lingkungan terhadap perusahaan
* Membangun pengaruh yang cukup kuat dalam segmen pasar tertentu

* Experiential positions
* Mampu menstimulasi sensor motorik
* Mampu menstimulasi sensor kognitif

Sumber : kopisusu.wordpress.com/2006/02/17/positioning/

Syarat - Syarat Segmentasi Yang Efektif

Segmentasi Pasar merupakan suatu aktivitas membagi atau mengelompokkan pasar yang heterogen menjadi pasar yang homogen atau memiliki kesamaan dalam hal minat, daya beli, geografi, perilaku pembelian maupun gaya hidup.

Segmen pasar harus mempunyai karakteristik berikut ini menurut Kotler, Bowen dan Makens (2002, p.265):
a) Dapat diukur ( measurable )
Sejauh mana ukuran dan daya beli segmen dapat diukur. Variabel segmentasi tertentu sulit diukur, seperti ukuran segmen remaja peminum minuman keras, terutama yang alasannya karena berontak kepada orang tua.
b) Dapat diakses ( accessable )
Sejauh mana segmen itu dapat diakses dan dilayani secara efektif.
c) Cukup besar ( substantial )
Sejauh mana segmen itu cukup besar atau cukup menguntungkan untuk dilayani sebagai pasar. Sebuah segmen sebaiknya merupakan kelompok homogen yang secara ekonomi paling layak mendukung program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan segmen itu. Sebagai contoh, area metropolitan besar dapat mendukung beragam restoran etnis. Sebaliknya di kota kecil, restoran etnis tidak mungkin dapat bertahan.
d) Dapat dibedakan ( differentiable)
Sejauh mana segmen-segmen secara konseptual dapat dipisah-pisahkan dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap unsur dan program bauran pemasaran yang berbeda. Jika wanita yang telah menikah dan belum menikah memberikan tanggapan yang sama atas penjualan parfum, berarti diantaranya bukanlah segmen yang terpisah.
e) Dapat dilaksanakan ( actionable )
Sejauh mana program yang efektif dapat didisain untuk menarik melayani segmen – segmen tersebut.

Evaluasi Segmentasi Pasar
Pada saat mengevaluasi pasar, perusahaan harus memperhatikan tiga faktor (Kotler, Bowen dan Makens, 2002, pp.265-267), yaitu :
1) Ukuran dan pertumbuhan pasar.
Perusahaan akan menganalisa ukuran dan pertumbuhan segmen, kemudian memilih segmen yang memberikan peluang terbaik. Pertama-tama perusahaan harus mengumpulkan dan menganalisa data terakhir penjualan segmen saat ini, tingkat pertumbuhan, dan laba yang diharapkan dari berbagai segmen. Perusahaan akan menaruh minat pada segmen yang memiliki karakteristik ukuran dan pertumbuhan yang tepat, namun hal ini bersifat relatif.
2) Daya tarik struktur segmen.
Perusahaan harus meneliti sejumlah faktor struktural utama yang mempengaruhi data tarik segmen dalam jangka panjang. Sebagai contoh, daya tarik segmen berkurang bila segmen itu telah memiliki banyak pesaing yang kuat dan agresif. Keberadaan banyak produk pengganti yang nyata atau yang potensial bisa membatasi harga dan keuntungan yang dapat diambil dari suatu segmen. Kekuatan relatif pembeli juga mempengaruhi daya tarik segmen, jika pembeli dalam sebuah segmen mempunyai kekuatan menawar yang relatif kuat terhadap penjual, maka akan mendesak harga untuk turun, menuntut kualitas dan layanan yang lebih, dan mengadu perusahaan satu dengan yang lain. Semuanya itu terjadi dengan mengorbankan keuntungan yang dapat diperoleh penjual.
3) Tujuan dan sumber daya perusahaan.
Sekalipun sebuah segmen memiliki ukuran dan pertumbuhan yang tepat serta secara struktural menarik, perusahaan-perusahaan harus mempertimbangkan tujuan dan sumber dayanya sendiri dalam hubungannya dengan suatu segmen.

Sumber : jurnal-sdm.blogspot.com/.../persyaratan-segmentasi-pasar-yang.html

Minggu, 05 Desember 2010

Model Segmentasi Targeting dan Positioning

Segmentasi merupakan suatu aktivitas membagi atau mengelompokkan pasar yang heterogen menjadi pasar yang homogen atau memiliki kesamaan dalam hal minat, daya beli, geografi, perilaku pembelian maupun gaya hidup.
Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa segmentasi memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan karena beberapa alasan:
- Pertama, segmentasi memungkin perusahaan untuk lebih fokus dalam mengalokasikan sumber daya. Dengan membagi pasar menjadi segmen-segmen yang akan memberikan gambaran bagi perusahaan untuk menetapkan segmen mana yang akan dilayani. Selain itu segmentasi memungkin perusahaan mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai peta kompetisi serta menentukan posisi pasar perusahaan.
- Kedua, segmentasi merupakan dasar untuk menentukan komponen-komponen strategi. Segmentasi yang disertai dengan pemilihan target market akan memberikan acuan dalam penentuan positioning.
- Ketiga, segmentasi merupakan faktor kunci untuk mengalahkan pesaing, dengan memandang pasar dari sudut yang unik dan cara yang berbeda dari yang dilakukan pesaing.
Segmentasi dapat dilakukan berdasarkan geografi, demografi, tingkat pendapatan, psychographic, tingkah laku, stats pemakai, tingkatan konsumen, dan status kesetiaan pelanggan.

Targeting adalah proses mengevaluasi setiap daya tarik segmen kemudian memilih satu atau lebih karakteristik untuk dilayani. Dalam proses ini perusahaan mempertimbangkan apakah akan memilih segemen massal, beberapa segmen, segmen kecil, dan segmen sangat kecil.
Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih segmen yaitu sumber daya perusahaan, variasi produk perusahaan, product life cycle stage, variasi pasar dan strategi pesai.

Positioning adalah suatu strategi dalam kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan perbedaan (differents), keuntungan (advantages), manfaat (benefit) yang membuat konsumen selalu ingat dengan suatu produk.
Dengan kata lain sebagai usaha menempatkan sesuatu dalam pikiran orang dengan terlebih dahulu memberikan informasi tentang segala sesuatu seperti fasilitas, program yang diberikan, dosen yang dimiliki dengan cara penyuguhan kualitas pelayanan dan bagaimana mempresentasikannya.
Cara Menentukan Positioning :
Dalam menentukan positionig ada empat tahap yaitu: identifikasi target, menentukan frame of reference pelanggan (siapa diri), merumuskan point of differentiation — Mengapa konsumen memilih perusahaan, menetapkan keunggulan kompetitif produk — bisa dinikmati sebagai sesuatu yang beda.

Sumber :id.shvoong.com › ... › Marketing & Penjualan dan
Segmentasi-Targeting-dan-Positioning.ppt

Medel Segmentasi Targeting dan Positioning

Segmentasi merupakan suatu aktivitas membagi atau mengelompokkan pasar yang heterogen menjadi pasar yang homogen atau memiliki kesamaan dalam hal minat, daya beli, geografi, perilaku pembelian maupun gaya hidup.
Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa segmentasi memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan karena beberapa alasan:
- Pertama, segmentasi memungkin perusahaan untuk lebih fokus dalam mengalokasikan sumber daya. Dengan membagi pasar menjadi segmen-segmen yang akan memberikan gambaran bagi perusahaan untuk menetapkan segmen mana yang akan dilayani. Selain itu segmentasi memungkin perusahaan mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai peta kompetisi serta menentukan posisi pasar perusahaan.
- Kedua, segmentasi merupakan dasar untuk menentukan komponen-komponen strategi. Segmentasi yang disertai dengan pemilihan target market akan memberikan acuan dalam penentuan positioning.
- Ketiga, segmentasi merupakan faktor kunci untuk mengalahkan pesaing, dengan memandang pasar dari sudut yang unik dan cara yang berbeda dari yang dilakukan pesaing.
Segmentasi dapat dilakukan berdasarkan geografi, demografi, tingkat pendapatan, psychographic, tingkah laku, stats pemakai, tingkatan konsumen, dan status kesetiaan pelanggan.

Targeting adalah proses mengevaluasi setiap daya tarik segmen kemudian memilih satu atau lebih karakteristik untuk dilayani. Dalam proses ini perusahaan mempertimbangkan apakah akan memilih segemen massal, beberapa segmen, segmen kecil, dan segmen sangat kecil.
Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih segmen yaitu sumber daya perusahaan, variasi produk perusahaan, product life cycle stage, variasi pasar dan strategi pesai.

Positioning adalah suatu strategi dalam kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan perbedaan (differents), keuntungan (advantages), manfaat (benefit) yang membuat konsumen selalu ingat dengan suatu produk.
Dengan kata lain sebagai usaha menempatkan sesuatu dalam pikiran orang dengan terlebih dahulu memberikan informasi tentang segala sesuatu seperti fasilitas, program yang diberikan, dosen yang dimiliki dengan cara penyuguhan kualitas pelayanan dan bagaimana mempresentasikannya.
Cara Menentukan Positioning :
Dalam menentukan positionig ada empat tahap yaitu: identifikasi target, menentukan frame of reference pelanggan (siapa diri), merumuskan point of differentiation — Mengapa konsumen memilih perusahaan, menetapkan keunggulan kompetitif produk — bisa dinikmati sebagai sesuatu yang beda.

Sumber :id.shvoong.com › ... › Marketing & Penjualan dan
Segmentasi-Targeting-dan-Positioning.ppt

Medel Segmentasi Targeting dan Positioning

Segmentasi merupakan suatu aktivitas membagi atau mengelompokkan pasar yang heterogen menjadi pasar yang homogen atau memiliki kesamaan dalam hal minat, daya beli, geografi, perilaku pembelian maupun gaya hidup.
Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa segmentasi memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan karena beberapa alasan:
- Pertama, segmentasi memungkin perusahaan untuk lebih fokus dalam mengalokasikan sumber daya. Dengan membagi pasar menjadi segmen-segmen yang akan memberikan gambaran bagi perusahaan untuk menetapkan segmen mana yang akan dilayani. Selain itu segmentasi memungkin perusahaan mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai peta kompetisi serta menentukan posisi pasar perusahaan.
- Kedua, segmentasi merupakan dasar untuk menentukan komponen-komponen strategi. Segmentasi yang disertai dengan pemilihan target market akan memberikan acuan dalam penentuan positioning.
- Ketiga, segmentasi merupakan faktor kunci untuk mengalahkan pesaing, dengan memandang pasar dari sudut yang unik dan cara yang berbeda dari yang dilakukan pesaing.
Segmentasi dapat dilakukan berdasarkan geografi, demografi, tingkat pendapatan, psychographic, tingkah laku, stats pemakai, tingkatan konsumen, dan status kesetiaan pelanggan.

Targeting adalah proses mengevaluasi setiap daya tarik segmen kemudian memilih satu atau lebih karakteristik untuk dilayani. Dalam proses ini perusahaan mempertimbangkan apakah akan memilih segemen massal, beberapa segmen, segmen kecil, dan segmen sangat kecil.
Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih segmen yaitu sumber daya perusahaan, variasi produk perusahaan, product life cycle stage, variasi pasar dan strategi pesai.

Positioning adalah suatu strategi dalam kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan perbedaan (differents), keuntungan (advantages), manfaat (benefit) yang membuat konsumen selalu ingat dengan suatu produk.
Dengan kata lain sebagai usaha menempatkan sesuatu dalam pikiran orang dengan terlebih dahulu memberikan informasi tentang segala sesuatu seperti fasilitas, program yang diberikan, dosen yang dimiliki dengan cara penyuguhan kualitas pelayanan dan bagaimana mempresentasikannya.
Cara Menentukan Positioning :
Dalam menentukan positionig ada empat tahap yaitu: identifikasi target, menentukan frame of reference pelanggan (siapa diri), merumuskan point of differentiation — Mengapa konsumen memilih perusahaan, menetapkan keunggulan kompetitif produk — bisa dinikmati sebagai sesuatu yang beda.

Sabtu, 04 Desember 2010

Memposisikan Produk

Setelah melakukan segmentasi pasar dalam usaha membidik kelompok pelanggan tertentu, langkah berikutnya adalah menemukan apa yang diinginkan pelanggan. Pemosisian (positioning) berarti membuat gambar yang mencerminkan bagaimana produk atau jasa dimata konsumen setelah melakukan analisa terhadap konsumen. Langkah – langkah yang dibutuhkan dalam pemosisian produk:
a. Memilih kriteria kunci yang secara efektif membedakan produk atau jasa dalam industri.
b. Membuat diagram dua dimensi peta pemosisian produk dengan kriteria yang ditetapkan pada setiap sumbu.
c. Menempatkan produk/jasa pesaing dalam resultan matriks empat kuadran.
d. Mengidentifikasi bidang – bidang dalam peta pemosisian tempat produk atau jasa paling dapat bersaing dalam pasar sasaran tertentu.
e. Mengembangkan rencana pemasaran untuk memposisikan produk atau jasa perusahaan secara tepat.
Karena hanya dua kriteria yang dapat dikaji pada suatu peta pemosisian produk,
harus banyak peta yang dibuat untuk menilai berbagai pendekatan terhadap implementasi strategi.
Beberapa pedoman dasar untuk menggunakan peta pemosisian :
a. Carilah lubang atau ceruk yang kosong
b. Jangan menempatkan diri diantara segmen. Segala kelebihan dari berada diantara segmen (seperti sasaran pasar yang lebih besar )dihilangkan dengan kegagalan memuaskan satu segmen.
c. Jangan melayani dua segmen dengan strategi yang sama . Biasanya strategi yang berhasil dengan satu segmen tidak secara langsung dipindahkan ke segmen lain.
d. Jangan memposisikan diri anda di tengah - tengah peta. Bagian tengah biasanya berarti strategi yang secara tidak jelas dianggap mempunyai karakteristik yang membedakan.

sumber:jurnal-sdm.blogspot.com/.../peta-memposisikan-product-map-product.html

Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Perilaku Konsumen menurut Schiffman, Kanuk (2004, p. 8) adalah perilaku yang ditunjukkan konsumen dalam pencarian akan pembelian, penggunaan, pengevaluasian, dan penggantian produk dan jasa yang diharapkan dapat memuaskan kebutuhan konsumen.
Beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah :

Faktor Sosial
a. Group
Sikap dan perilaku seseorang dipengaruhi oleh banyak grup-grup kecil. Kelompok dimana orang tersebut berada yang mempunyai pengaruh langsung disebut membership group. Membership group terdiri dari dua, meliputi primary groups (keluarga, teman, tetangga, dan rekan kerja) dan secondary groups yang lebih formal dan memiliki interaksi rutin yang sedikit (kelompok keagamaan, perkumpulan profesional dan serikat dagang). (Kotler, Bowen, Makens, 2003, pp. 203-204).
b. Family Influence
Keluarga memberikan pengaruh yang besar dalam perilaku pembelian. Para pelaku pasar telah memeriksa peran dan pengaruh suami, istri, dan anak dalam pembelian produk dan servis yang berbeda. Anak-anak sebagai contoh, memberikan pengaruh yang besar dalam keputusan yang melibatkan restoran fast food. (Kotler, Bowen, Makens, 2003, p.204).
c. Roles and Status
Seseorang memiliki beberapa kelompok seperti keluarga, perkumpulan-perkumpulan, organisasi. Sebuah role terdiri dari aktivitas yang diharapkan pada seseorang untuk dilakukan sesuai dengan orang-orang di sekitarnya. Tiap peran membawa sebuah status yang merefleksikan penghargaan umum yang diberikan oleh masyarakat (Kotler, Amstrong, 2006, p.135).

Faktor Personal
a. Economic Situation
Keadaan ekonomi seseorang akan mempengaruhi pilihan produk, contohnya rolex diposisikan konsumen kelas atas sedangkan timex dimaksudkan untuk konsumen menengah. Situasi ekonomi seseorang amat sangat mempengaruhi pemilihan produk dan keputusan pembelian pada suatu produk tertentu (Kotler, Amstrong, 2006, p.137).
b. Lifestyle
Pola kehidupan seseorang yang diekspresikan dalam aktivitas, ketertarikan, dan opini orang tersebut. Orang-orang yang datang dari kebudayaan, kelas sosial, dan pekerjaan yang sama mungkin saja mempunyai gaya hidup yang berbeda (Kotler, Amstrong, 2006, p.138)
c. Personality and Self Concept
Personality adalah karakteristik unik dari psikologi yang memimpin kepada kestabilan dan respon terus menerus terhadap lingkungan orang itu sendiri, contohnya orang yang percaya diri, dominan, suka bersosialisasi, otonomi, defensif, mudah beradaptasi, agresif (Kotler, Amstrong, 2006, p.140). Tiap orang memiliki gambaran diri yang kompleks, dan perilaku seseorang cenderung konsisten dengan konsep diri tersebut (Kotler, Bowen, Makens, 2003, p.212).
d. Age and Life Cycle Stage
Orang-orang merubah barang dan jasa yang dibeli seiring dengan siklus kehidupannya. Rasa makanan, baju-baju, perabot, dan rekreasi seringkali berhubungan dengan umur, membeli juga dibentuk oleh family life cycle. Faktor-faktor penting yang berhubungan dengan umur sering diperhatikan oleh para pelaku pasar. Ini mungkin dikarenakan oleh perbedaan yang besar dalam umur antara orang-orang yang menentukan strategi marketing dan orang-orang yang membeli produk atau servis. (Kotler, Bowen, Makens, 2003, pp.205-206)
e. Occupation
Pekerjaan seseorang mempengaruhi barang dan jasa yang dibeli. Contohnya, pekerja konstruksi sering membeli makan siang dari catering yang datang ke tempat kerja. Bisnis eksekutif, membeli makan siang dari full service restoran, sedangkan pekerja kantor membawa makan siangnya dari rumah atau membeli dari restoran cepat saji terdekat (Kotler, Bowen,Makens, 2003, p. 207).

Faktor Psychological
a. Motivation
Kebutuhan yang mendesak untuk mengarahkan seseorang untuk mencari kepuasan dari kebutuhan. Berdasarkan teori Maslow, seseorang dikendalikan oleh suatu kebutuhan pada suatu waktu. Kebutuhan manusia diatur menurut sebuah hierarki, dari yang paling mendesak sampai paling tidak mendesak (kebutuhan psikologikal, keamanan, sosial, harga diri, pengaktualisasian diri). Ketika kebutuhan yang paling mendesak itu sudah terpuaskan, kebutuhan tersebut berhenti menjadi motivator, dan orang tersebut akan kemudian mencoba untuk memuaskan kebutuhan paling penting berikutnya (Kotler, Bowen, Makens, 2003, p.214).
b. Perception
Persepsi adalah proses dimana seseorang memilih, mengorganisasi, dan menerjemahkan informasi untuk membentuk sebuah gambaran yang berarti dari dunia. Orang dapat membentuk berbagai macam persepsi yang berbeda dari rangsangan yang sama (Kotler, Bowen, Makens, 2003, p.215).
c. Learning
Pembelajaran adalah suatu proses, yang selalu berkembang dan berubah sebagai hasil dari informasi terbaru yang diterima (mungkin didapatkan dari membaca, diskusi, observasi, berpikir) atau dari pengalaman sesungguhnya, baik informasi terbaru yang diterima maupun pengalaman pribadi bertindak sebagai feedback bagi individu dan menyediakan dasar bagi perilaku masa depan dalam situasi yang sama (Schiffman, Kanuk, 2004, p.207).
d. Beliefs and Attitude
Beliefs adalah pemikiran deskriptif bahwa seseorang mempercayai sesuatu. Beliefs dapat didasarkan pada pengetahuan asli, opini, dan iman (Kotler, Amstrong, 2006, p.144). Sedangkan attitudes adalah evaluasi, perasaan suka atau tidak suka, dan kecenderungan yang relatif konsisten dari seseorang pada sebuah obyek atau ide (Kotler, Amstrong, 2006, p.145).

Faktor Cultural
Nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan, dan perilaku yang dipelajari seseorang melalui keluarga dan lembaga penting lainnya (Kotler, Amstrong, 2006, p.129). Penentu paling dasar dari keinginan dan perilaku seseorang. Culture, mengkompromikan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan, dan perilaku yang dipelajari seseorang secara terus-menerus dalam sebuah lingkungan. (Kotler, Bowen, Makens, 2003, pp.201-202).
a. Subculture
Sekelompok orang yang berbagi sistem nilai berdasarkan persamaan pengalaman hidup dan keadaan, seperti kebangsaan, agama, dan daerah (Kotler, Amstrong, 2006, p.130). Meskipun konsumen pada negara yang berbeda mempunyai suatu kesamaan, nilai, sikap, dan perilakunya seringkali berbeda secara dramatis. (Kotler, Bowen, Makens, 2003, p.202).
b. Social Class
Pengelompokkan individu berdasarkan kesamaan nilai, minat, dan perilaku. Kelompok sosial tidak hanya ditentukan oleh satu faktor saja misalnya pendapatan, tetapi ditentukan juga oleh pekerjaan, pendidikan, kekayaan, dan lainnya (Kotler, Amstrong, 2006, p.132).

Keputusan Pembelian
Keputusan pembelian menurut Schiffman, Kanuk (2004, p.547) adalah pemilihan dari dua atau lebih alternatif pilihan keputusan pembelian, artinya bahwa seseorang dapat membuat keputusan, haruslah tersedia beberapa alternatif pilihan. Keputusan untuk membeli dapat mengarah kepada bagaimana proses dalam pengambilan keputusan tersebut itu dilakukan. Bentuk proses pengambilan keputusan tersebut dapat digolongkan sebagai berikut:
1. Fully Planned Purchase, baik produk dan merek sudah dipilih sebelumnya. Biasanya terjadi ketika keterlibatan dengan produk tinggi (barang otomotif) namun bisa juga terjadi dengan keterlibatan pembelian yang rendah (kebutuhan rumah tangga). Planned purchase dapat dialihkan dengan taktik marketing misalnya pengurangan harga, kupon, atau aktivitas promosi lainnya.
2. Partially Planned Purchase, bermaksud untuk membeli produk yang sudah ada tetapi pemilihan merek ditunda sampai saat pembelajaran. Keputusan akhir dapat dipengaruhi oleh discount harga, atau display produk
3. Unplanned Purchase, baik produk dan merek dipilih di tempat pembelian. Konsumen sering memanfaatkan katalog dan produk pajangan sebagai pengganti daftar belanja. Dengan kata lain, sebuah pajangan dapat mengingatkan sesorang akan kebutuhan dan memicu pembelian (Engel, F. James, et.al , 2001, pp.127-128)

sumber:jurnal-sdm.blogspot.com/.../faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html

Tipe - Tipe Konsumen

Tiga Tipe Konsumen menurut Loyalitasnya :

menurut buku Satisfaction ( Chris Denove and James D. Power IV), ada 3 tipe customer menurut loyalitasnya

1. Advocate (loyalitas tinggi)

1. Advocate tercipta ketika perusahaan mampu memberikan pelayanan yang melebihi harapan konsumen dan menciptakan pengalaman yang berkesan bagi mereka.
2. Advocate meruapakan konsumen yang sangat loyal pada suatu merek atau produk dan akan menolak berpindah ke pesaing kita walaupun mendapat penawaran yang menggiurkan.
3. Adcocate bersedia menanggung ketidaknyamanan dalam membeli produk dan jasa kita di tengah persaingan yang tinggi,bahkan dalam harga yang lebih mahal sekalipun.
4. Advocate memberi pengaruh kepada orang lain. Mereka akan menceritakan tentang perusahaan kita kepada siapapun. Mereka merupakan pemasar handal (dan yang terpenting GRATIS haha) bagi perusahaan.

2. Apathetic (konsumen yang hanya sekadar puas

1. Konsumen akan menjadi apathetic bila kita kita hanya memenuhi harapan dasar mereka. Inilah mengapa seringkali kepuasan didefinisikan sebagai ketiadaan masalah.
2. Meskipun cenderung loya, tipe ini tidak bersedia menerima ketidaknyamanan ,berusaha extra untuk mendapatkan produk dan membayar harga premium untuk produk kita.
3. Apahtetic juga mudah untuk berpindah ke pesaing apabila mendapat tawaran yang sedikit lebih “wah” dari pesaing kita.
4. Apathetic akan menutup mulutnya dan cenderung tidak bercicara mengalami pengalaman konsumsinya, baik ataupun buruk.

3. Assasin ( Virus negatif )

1. Assasin merupakan konsumen yang tidak puas akan pelayanan kita atau bahkan mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan/ mengecewakan.
2. Assasin akan tercipta ketika kita gagal memenuhi harapan dasar yang ditetapkan konsumen dalam sebuah industri- atau gagal memecahkan masalah ketika ia terjadi
3. Assasin aktif mencari alternatif lain dan akan beralih meski mereka harus membayar lebih atau menanggung kesulitan dalam proses peralihan menuju pesaing kita.
4. Assasin bersikap vokal dan akan berusaha merusak merek produk kita dengan membujuk orang lain untuk tidak berbisnis dengan kita.

sumber :tukangbisnis.com/tiga-tipe-konsumen-menurut-loyalitasnya.html

Model Prilaku Konsumen

MODEL PERILAKU KONSUME

“model prilaku konsumen “ menunjukkan penekanan pada interaksi antara pemasar dan konsumen. Komponen sentral dari model adalah pengambilan keputusan konsumen, yaitu pemahaman dan evaluasi informasi merek, bagaimana pertimbangan alternatif merek disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, dan keputusan untuk merek.


TIGA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PILIHAN KONSUMEN

(1). Konsumen Individu
Pilihan merek dipengaruhi oleh ; (1). Kebutuhan konsumen, (2). Persepsi atas karakteristik merek, dan (3). Sikap kearah pilihan. Sebagai tambahan, pilihan merek dipengaruhi oleh demografi konsumen, gaya hidup, dan karakteristik personalia.
(2). Pengaruh Lingkungan
Lingkungan pembelian konsumen ditunjukkan oleh (1). Budaya (Norma kemasyarakatan, pengaruh kedaerahan atau kesukuan), (2). Kelas sosial (keluasan grup sosial ekonomi atas harta milik konsumen), (3). Grup tata muka (teman, anggota keluarga, dan grup referensi) dan (4). Faktor menentukan yang situasional ( situasi dimana produk dibeli seperti keluarga yang menggunakan mobil dan kalangan usaha).
(3). Marketing strategy
Merupakan variabel dimana pemasar mengendalikan usahanya dalam memberitahu dan mempengaruhi konsumen. Variabel-variabelnya adalah (1). Barang, (2). Harga, (3). Periklanan dan (4). Distribusi yang mendorong konsumen dalam proses pengambilan keputusan. Pemasar harus mengumpulkan informasi dari konsumen untuk evaluasi kesempatan utama pemasaran dalam pengembangan pemasaran. Kebutuhan ini digambarkan dengan garis panah dua arah antara strategi pemasaran dan keputusan konsumen dalam gambar 1.1 penelitian pemasaran memberikan informasi kepada organisasi pemasaran mengenai kebutuhan konsumen, persepsi tentang karakteristik merek, dan sikap terhadap pilihan merek. Strategi pemasaran kemudian dikembangkan dan diarahkan kepada konsumen.
Ketika konsumen telah mengambil keputusan kemudian evaluasi pembelian masa lalu, digambarkan sebagai umpan balik kepada konsumen individu. Selama evaluasi, konsumen akan belajar dari pengalaman dan pola pengumpulan informasi mungkin berubah, evaluasi merek, dan pemilihan merek. Pengalamn konsumsi secara langsung akan berpengaruh apakah konsumen akan membeli merek yang sama lagi.
Panah umpan balik mengarah kembali kepada organisasi pemasaran. Pemasar akan mengiikuti rensponsi konsumen dalam bentuk saham pasar dan data penjualan. Tetapi informasi ini tidak menceritakan kepada pemasar tentang mengapa konsumen membeli atau informasi tentang kekuatan dan kelemahan dari merek pemasar secara relatif terhadap saingan. Karena itu penelitian pemasaran diperlukan pada tahap ini untuk menentukan reaksi konsumen terhadap merek dan kecenderungan pembelian dimasa yang akan datang. Informasi ini mengarahkan pada manajemen untuk merumuskan kembali strategi pemasaran kearah pemenuhan kebutuhan konsumen yang lebih baik.

sumber :google.com